Klasemen Grup E Euro 2020: Slovakia Lewati Spanyol

 

Slovakia menempati puncak klasemen Grup E Euro 2020 (Euro 2021) usai readyviewed menang 2-1 atas Polandia di Stadion Saint Petersburg, Senin (14/6).

Kemenangan itu membuat Slovakia di atas Spanyol untuk sementara waktu, lantaran La Furia Roja gagal menang melawan Swedia.

Posisi Slovakia di tempat teratas Grup E pada matchday pertama ini terbilang mengejutkan. Pasalnya, Spanyol yang sebelumnya diprediksi bisa menang atas Swedia justru hanya bermain imbang 0-0 di Stadion La Cartuja, Selasa (15/6) dini hari WIB.

 

The Falcons, julukan Slovakia memberikan perlawanan sengit kepada Polandia pada pertandingan pertama Euro 2020.

Tim asuhan Stefan Tarkovic itu bahkan bisa unggul lebih dahulu pada menit ke-18 lewat gol bunuh diri kiper Wojciech Szczesny.

Gol bunuh diri tersebut terjadi setelah Robert Mak melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Akan tetapi, tembakan tersebut membentur tiang yang kemudian menyentuh bahu Szczesny sehingga mengubah arah bola masuk ke gawang.

Pada sisa pertandingan babak pertama, Polandia menguasai permainan. Akan tetapi mereka kesulitan mencetak gol basalan.

Gol penyeimbang dari Polandia baru tercipta di awal babak kedua melalui Karol Linetty pada menit ke-46 usai menerima assist Maciej Rybus.

 

Soccer Football - Euro 2020 - Group E - Spain v Sweden - La Cartuja, Seville, Spain - June 14, 2021 Spain's Thiago in action with Sweden's Robin Quaison Pool via REUTERS/Thanassis StavrakisSpanyol diimbangi Swedia 0-0. (Pool via REUTERS/THANASSIS STAVRAKIS)

Momentum Polandia membalikkan kedudukan hilang setelah Grzegorz Krychowiak dikartu merah pada menit ke-62. Kehilangan satu pemain membuat Polandia kesulitan menyerang Slovakia secara intensif.

Alih-alih membalikkan skor, Polandia justru kembali tertinggal dari Slovakia setelah bek Milan Skriniar membobol gawang Szczesny di menit ke-69.

Kemenangan yang diraih Slovakia tidak bisa diikuti Spanyol yang dijagokan lolos ke babak gugur dari Grup E. Menghadapi Swedia, tim asuhan Luis Enrique itu harus puas bermain imbang 0-0.

 

Dengan tambahan satu poin hasil imbang dengan Swedia, Spanyol menempati peringkat kedua, disusul Swedia, dan Polandia di posisi juru kunci.Di sepanjang 90 permainan, Spanyol memiliki banyak peluang gol, di antaranya melalui striker Alvaro Morata. Hanya saja, Morata tidak bisa mengonversi peluang-peluang itu menjadi gol.

Klasemen Grup E Euro 2020:

1. Slovakia 3
2. Spanyol 1
3. Swedia 1
4. Polandia 0