Koeman Soal Penangkapan Bartomeu: Dia Luar Biasa

Pelatih Barcelona Ronald Koeman mengatakan Josep Maria Bartomeu tetap sosok yang luar biasa. Penilaian itu tidak berubah meski Bartomeu tersangkut kasus dugaan korupsi yang dikenal dengan BarcaGate.

Koeman mengungkapkan merasa kasihan dengan apa yang dialami oleh Bartomeu dan CEO Barcelona, Oscar Grau. Keduanya termasuk di antara empat orang yang ditangkap karena kasus BarcaGate, selain Roma Gomez Punti (Kepala Layanan Hukum Barcelona), dan Jaume Masferrer yang merupakan penasehat terpercaya Bartomeu.

“Ketika saya mendengar berita itu, saya sangat terpukul karena saya mengenal Bartomeu dan Grau dengan baik,” ujar Koeman seperti dilansir Daily Mail.

 

“Saya merasa kasihan kepada mereka. Saya memiliki momen-momen indah bersama mereka meski singkat dan Bartomeu selalu jadi orang yang luar biasa bagi saya,” ia melanjutkan.

Terkait kasus dugaan korupsi yang melibatkan Bartomeu cs, Koeman tak memungkiri hal itu buruk buat citra klub. Namun demikian, pelatih asal Belanda itu memilih untuk menunggu perkembangan kasus BarcaGate tersebut.

“Itu tidak bagus untuk citra klub tetapi kami harus menunggu dan melihat apa yang terjadi [dengan penyelidikan],” ucapnya.

Kasus dugaan korupsi ini mencuat ke permukaan pada September 2020. Ketika itu, Bartomeu dituduh korupsi karena membayar I3 Ventures 600 persen di atas harga normal.

Selain demi membuat citra Bartomeu tetap baik, I3 Ventures juga bertugas memantau media sosial pemain Barcelona. I3 Ventures juga bertugas menjadi mata-mata media sosial kepada pemain dan orang-orang di lingkungan klub Barcelona.

Kabar penangkapan Bartomeu ini kemudian ramai menuai kecaman. Tidak terkecuali dari calon Presiden Barcelon, Joan Laporta yang menyatakan kasus BarcaGate telah merusak reputasi tim Catalan.

Bartomeu dan Masferrer telah dibebaskan sementara karena menolak memberikan keterangan di hadapan hakim usai menjalani penahanan selama satu malam di kantor polisi Les Corts.

Tags :