Kronologi Mbappe dan Giroud Ribut Jelang Euro 2020

 

Kylian Mbappe dan Olivier Giroud terlibat keributan di timnas Prancis jelang Euro 2020 (Euro 2021). Berikut kronologi insiden tersebut.

Insiden bermula dari laga uji coba melawan Bulgaria pada Rabu (9/6). Dalam laga itu, Giroud diturunkan sebagai pemain pengganti di menit ke-41.

Giroud lalu mencetak dua gol di pengujung laga dan membawa Prancis menang 3-0. Dalam kegembiraan mencetak dua gol, Giroud melontarkan protes dan kritik pada rekan setimnya.

 

“Terkadang striker berlari dan kemudian bola tidak datang. Mungkin kami seharusnya bisa saling memahami lebih baik,” ucap Giroud kepada wartawan usai laga.

Komentar Giroud itu lalu dianggap Kylian Mbappe menyudutkan dirinya. Ia bahkan berencana menggelar konferensi pers untuk mengeluarkan argumen balasan atas komentar Giroud.

France's Kylian Mbappe, right, fights for the ball with Bulgaria's Petko Hristov during the international friendly soccer match between France and Bulgaria at the Stade De France in Saint Denis, North of Paris, France, Tuesday, June 8, 2021. (AP Photo/Francois Mori)Kylian Mbappe tersinggung dengan ucapan Olivier Giroud. (AP/Francois Mori)

Didier Deschamps sebagai arsitek Les Bleus berhasil menggagalkan upaya Mbappe untuk menggelar konferensi pers. Deschamps juga sudah sejak awal berusaha mendinginkan situasi ketika komentar Giroud muncul.

“Penyerang akan berkata: Saya sudah berlari namun itu tergantung gelandang [untuk memberikan bola]. Gelandang akan berkata bahwa itu tergantung penyerang [untuk berlari].”

“Terkadang umpan tidak datang, terkadang itu tergantung pergerakan [untuk membuka ruang]. Namun itu bukan stigma untuk Kylian [Mbappe] atau siapapun,” ucap Deschamps saat itu.

Giroud lalu disebut coba berbicara dengan Mbappe untuk menjelaskan situasi pada sesi latihan Kamis (10/6) namun Mbappe tidak menyambutnya dengan baik.

Deschamps lalu disebut memanggil kedua pemain untuk menjernihkan suasana sekaligus menyatakan bahwa keributan Giroud dan Mbappe bisa berpengaruh pada upaya tim merebut trofi juara.

Tak hanya menggelar pertemuan dengan kedua pemain, Deschamps juga disebut menggelar rapat darurat bersama seluruh tim. Di rapat tersebut, Deschamps membahas pentingnya agar melupakan masalah yang ada.

Di Euro 2020 (Euro 2021), Prancis akan berada satu grup bersama Jerman, Hungaria, dan Portugal. Prancis akan melakoni laga perdana melawan Jerman, Rabu (16/6).