Leeds, Musuh Masa Lalu Chelsea yang Menyeramkan

Leeds United punya catatan bagus dalam duel Liga Inggris lawan Chelsea di Elland Road. Duel nanti adalah yang pertama sejak 2003.

Di masa lalu, Leeds adalah musuh yang menyeramkan bagi Chelsea dalam urusan laga tandang di Liga Inggris. Dalam sembilan pertemuan terakhir, Leeds mampu meraih lima kemenangan, tiga hasil imbang, dan satu kali kekalahan.

Bahkan bila dibandingkan dengan 48 tim yang pernah dihadapi Chelsea dalam urusan laga tandang [setidaknya 15 laga], laga lawan Leeds jadi rasio terendah kemenangan Chelsea yaitu 14 persen.

 

Dari total 49 duel melawan Leeds, Chelsea hanya mampu meraih tujuh kemenangan, 14 hasil imbang, dan menelan 28 kekalahan.

 

Leeds United's Stuart Dallas scores his side's second goal during an English Premier League soccer match between Manchester United and Leeds United at the Old Trafford stadium in Manchester, England, Sunday Dec. 20, 2020. (Nick Potts/Pool via AP)Leeds United punya catatan bagus dalam laga kandang lawan Chelsea. (AP/Nick Potts)

 

 

Sejak imbang 1-1 di Elland Road pada 2003, duel pada 13 Maret nanti adalah yang pertama bagi kedua tim di ajang Premier League. Meski demikian, Chelsea pernah menghajar Leeds di Elland Road pada duel Piala Liga dengan skor 5-1 pada 2012.

Setelah pertemuan akhir di ajang Liga Inggris pada 2003, Chelsea dan Leeds mengalami perubahan drastis.

Leeds yang awalnya bisa bersaing di papan atas malah terdegradasi. Leeds berkubang lama di divisi bawah sebelum akhirnya bisa kembali promosi musim ini.

Chelsea justru bisa melejit jadi tim besar seiring kehadiran Roman Abramovich sebagai pemilik baru. Mereka bisa memenangkan banyak gelar mulai dari Liga Inggris, Piala Liga, Piala FA, Liga Champions, dan Liga Europa.

Merujuk tren terkini, Chelsea juga sedang dalam tren yang bagus. Kehadiran Thomas Tuchel berdampak signifikan pada kekuatan Chelsea.

The Blues tak terkalahkan dalam 11 laga beruntun di bawah pimpinan Tuchel. Padahal, Chelsea menghadapi sejumlah lawan berat seperti Tottenham Hotspur, Atletico Madrid, Manchester United, Liverpool, dan Everton.

 

Sementara itu Leeds justru dalam tren buruk. Mereka hanya satu kali menang dalam lima laga terakhir di Liga Inggris.Dari deret lima tim besar tersebutm hanya Man Utd yang bisa menahan imbang Chelsea sedangkan empat tim lainnya menelan kekalahan.

 

 

Tags :