Liverpool Yakin FIFA Tak Bisa Larang Pemain Brasil Bela Klub

Liverpool meyakini FIFA tak memiliki dasar yang cukup untuk melarang klub Liga Inggris memainkan pemain asal Brasil setelah tak dilepas klub memenuhi panggilan memperkuat timnas.
Pada Rabu (8/9) waktu Inggris terungkap, FIFA akan menggunakan Pasal 5 Regulasi FIFA untuk memblokir klub-klub Liga Inggris yang menolak melepas pemain asal Brasil memenuhi panggilan tim nasional.

FIFA akan menerapkan Pasal 5 itu setelah menerima permintaan resmi dari Federasi Sepak Bola Brasil. Jika pasal tersebut diterapkan, klub-klub Liga Inggris termasuk Liverpool, tidak bisa menurunkan pemainnya pada 10-14 September.

Kemungkinan sanksi dari FIFA ini membuat Liverpool jadi klub yang paling dirugikan. Pasalnya ada tiga pemain yang bakal absen dalam Liga Inggris dan Liga Champions Eropa, yakni Alisson Baker, Roberto Firmino, dan Fabinho.

Dilansir dari Sky Sport, Liverpool disebutkan menjadikan keadaan pandemi Covid-19 yang menuntut wajib karantina bagi pemain asal Brasil saat kembali ke Inggris, sebagai alibi. Karenanya FIFA dianggap tidak punya dasar yang kuat.

Berdasarkan Pasal 22 Kode Displin FIFA 2021, jika klub mengabaikan imbauan FIFA untuk mengistirahatkan pemain akan berujung denda dan klub dinyatakan kalah 0-3 dalam laga yang dijalani.

Masalahnya, lawan yang akan dihadapi Liverpool, yakni Leeds United, juga menolak Pasal 5 FIFA. Diketahui, Leeds tak melepas satu pemainnya untuk timnas Brasil, yakni Raphinha.

Pemain Brasil lain yang tidak dilepas klub untuk pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022, melawan Argentina dan Peru, adalah pemain Manchester United Fred, Thiago Silva dari Chelsea, dan pemain Manchester City Ederson serta Gabriel Jesus.

Hingga kini klub-klub Liga Inggris masih melakukan dialog dengan badan-badan terkait mengenai hal ini. Klub Liga Inggris, termasuk Liverpool, berharap FIFA memaklumi kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Tags :