Lolos 16 Besar Euro 2020, Doa Pelatih Denmark Terkabul

Pelatih timnas Denmark, Kasper Hjulmand, menyatakan sangat gembira setelah anak asuhnya readyviewed berhasil menumbangkan Rusia dengan skor 4-1 dan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021).

Hjulmand mengatakan kemenangan mereka juga tidak terlepas dari dukungan segenap rakyat Denmark, terutama setelah insiden yang menimpa gelandang Christian Eriksen yang pingsan akibat henti jantung saat melawan Finlandia di pertandingan pembukaan lalu.

“Rakyat Denmark sangat mendukung kami dalam beberapa pekan terakhir,” kata Hjulmand seperti dilansir The Guardian.

 

 

“Mereka seolah memberikan kami sayap. Tanpa kalian tidak mungkin hal ini terjadi. Saya berharap malam ini menjadi malam yang penuh keajaiban. Akan menjadi sangat tidak adil jika kami tidak mempunyai sesuatu setelah pertandingan hari ini. Dan saya mau menyampaikan kepada para pemain bahwa permainan mereka sangat menyentuh hati rakyat Denmark,” ujar Hjulmand.

Para pemain Denmark menyatakan mempersembahkan kemenangan itu untuk Eriksen yang tengah menjalani masa pemulihan usai operasi pemasangan alat pacu jantung. Dalam pertandingan itu, empat pemain Denmark melesakkan gol ke gawang Rusia. Mereka adalah Mikkel Damsgaard, Yussuf Poulsen, Andreas Christensen dan Joakim Mæhle.

Denmark's Andreas Christensen celebrates after the Euro 2020 soccer championship group B match between Russia and Denmark at the Parken stadium in Copenhagen, Denmark, Monday, June 21, 2021. Denmark won 4-1. (Jonathan Nackstrand/Pool via AP)Denmark lolos ke 16 besar meski sempat kalah di dua laga awal. (AP/Jonathan Nackstrand)

“Tidak diragukan lagi kemenangan ini untuk Christian. Kami telah melalui banyak rintangan bersama-sama dan kami tidak berpikir ini adalah akhir. Kami akan melaju ke pertandingan selanjutnya dan yakin bisa menang,” kata gelandang Denmark, Christian Nørgaard.

Sedangkan pemain Denmark lainnya, Martin Braithwaite, mencuit kemenangan timnya atas Rusia adalah untuk Eriksen.

“Malam yang indah. Ini untukmu Christian Eriksen. Ayo kita tambah lagi,” cuit Braithwaite melalui akun Twitter.

Denmark akan berhadapan dengan Wales pada pertandingan 16 besar pada Sabtu (23/6) mendatang. Hjulmand mengatakan mereka harus waspada karena Wales merupakan tim yang unggul.

Tags :