Madrid Soal Mbappe: Rp2 Triliun Sekarang atau Gratis di 2022

Klub raksasa Spanyol, Real Madrid akhirnya bergerak dalam operasi merekrut Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain.
Madrid, dalam laporan Cadena SAR dikutip dari AS, disebut siap menggelontorkan dana 120 juta euro alias Rp2 triliun untuk mendatangkan Mbappe di bursa transfer musim ini.

Jumlah 120 juta euro itu terbilang kecil bila dibandingkan dengan kualitas Mbappe dan usianya yang masih baru akan menginjak 23 tahun pada Desember nanti.

Namun jumlah 120 juta euro itu terlihat besar bila dibandingkan dengan risiko kehilangan secara gratis yang bisa dialami PSG di akhir musim nanti.

Strategi ini pernah dipakai oleh Madrid ketika mendatangkan Eden Hazard dari Chelsea di 2019. The Blues akhirnya menerima tawaran 100 juta euro dari Madrid dibanding gagal memastikan perpanjangan kontrak Hazard dan kehilangan secara gratis di akhir musim.
Sejauh ini PSG belum menyerah untuk memperpanjang kontrak Mbappe. Presiden PSG Nasser Al Khelaifi menyebut klub sudah memenuhi keinginan Mbappe untuk memiliki tim yang kompetitif.

Mbappe sendiri selama ini sudah beberapa kali menolak perpanjangan kontrak dari PSG. Mbappe bahkan tetap tak tergoda dengan tawaran kenaikan gaji dari manajemen klub.

Mbappe sudah menegaskan posisinya bahwa dirinya tidak bakal memaksa meninggalkan PSG di musim ini dan menghormati sisa kontrak. Namun bila itu yang terjadi, Mbappe bakal pergi dengan gratis di akhir musim.

Di awal musim, PSG sudah mendapatkan Lionel Messi. Dari segi kualitas, Messi jelas bisa mengisi kekosongan yang ditinggalkan Mbappe.

Namun untuk proyek jangka panjang, kehilangan Mbappe jelas jadi kerugian besar bagi PSG.