Malam Tahun Baru 2023, Transjakarta Tutup Lantai 2 Halte Bundaran HI dan Halte Tosari

TEMPO.COJakarta – Kepala Divisi Sekretaris PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Anang Rizkani Noor mengatakan akan ada penambahan 70 bus pada malam tahun baru 2023. Penambahan ini akan melengkapi 133 bus Angkutan Malam Hari (Amari) yang telah dioperasikan sebelumnya.  

Bus-bus tambahan ini akan standby dan ditempatkan di titik-titik keramaian, seperti sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin karena ada car free night.

“Sehingga setelah bubaran masa, mereka bisa segera mendapat akses transportasi yang cepat aman dan nyaman,” ujar Anang dalam keterangan tertulis, Kamis, 29 Desember 2022. 

Anang menyampaikan saat malam pergantian tahun nanti, Transjakarta akan menutup akses ke lantai dua pada halte-halte Ikonik seperti Halte Bundaran HI dan Halte Tosari yang ada di Koridor 1 (Blok M – Kota).  

“Setelah sampai baik di Halte Bundaran HI maupun Tosari, masyarakat diimbau untuk langsung menuju lokasi sehingga tidak bertumpuk di dalam halte,” katanya. 

Selain itu, kata Anang, Transjakarta juga akan melakukan penambahan jam operasional terhadap lima rute yang akan menjadi titik keramaian saat malam pergantian tahun baru. Dia berharap, penyesuaian ini dapat digunakan sebagai antisipasi adanya penumpukan penumpang usai acara.

“Pelanggan tidak perlu khawatir, Transjakarta siap mengantar masyarakat kembali ke lokasi tujuan setelah kegiatan usai. Kami mengimbau pelanggan untuk mengatur waktu perjalanan sesuai jadwal operasional yang ditetapkan,” tutupnya. 

Adapun rute-rute Transjakarta yang mengalami perpanjangan jam operasional meliputi: 

1. Ragunan – Monas via Semanggi (6B). Layanan tambahan akan beroperasi mulai pukul 00.30 – 02.00 WIB. 

2. Harmoni – Ancol (5H). Layanan tambahan akan beroperasi mulai pukul 22.00 – 02.00 WIB. 

3. Pinang Ranti – Bundaran Senayan (9C). Layanan tambahan akan beroperasi mulai pukul 22.00 – 02.00 WIB. 

4. Pantai Maju – Balaikota (1A). Layanan tambahan akan beroperasi mulai pukul 22.00 – 02.00 WIB dengan perpendekan menjadi Pantai Maju – Harmoni.

5. Pancoran – Kampung Rambutan (9D). Layanan tambahan Transjakarta akan beroperasi mulai pukul 22.00 – 02.00 WIB.