Mallorca Vs Barcelona: Barca Tanding Tanpa 17 Pemain, Xavi Kecam LaLiga

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, mengecam keputusan LaLiga untuk tetap menggelar pertandingan di tengah badai Covid-19 yang melanda timnya.

Barcelona dijadwalkan melawan Mallorca pada pekan ke-19 LaLiga atau kompetisi kasta tertinggi Liga Spanyol 2021-2022.

Pertandingan Mallorca vs Barcelona akan digelar di Stadion Son Moix pada Minggu (2/1/2022) waktu setempat atau Senin (3/1/2022) dini hari WIB.

Xavi mengatakan bahwa keputusan LaLiga untuk tetap menggelar pertandingan tersebut gila, sebab Barcelona sedang diterpa badai Covid-19 saat ini.

Ada 10 kasus positif Covid-19 di kubu Barcelona dan tujuh pemain juga dipastikan absen pada laga kontra Mallorca karena cedera serta skorsing.

Artinya, Barcelona akan tanpa 17 pemain saat menyambangi markas Mallorca pada Senin dini hari WIB!

Melansir ESPN, LaLiga memang mewajibkan suatu tim tetap bertanding apabila masih ada 13 pemain, gabungan tim senior dan cadangan, yang bisa dimainkan.

Hal itulah yang membuat Xavi geram karena Barcelona tidak bisa berbuat apa pun. Xavi pada akhirnya menjelaskan bahwa timnya akan menurunkan para pemain dari Barcelona B.

“Kami akan beralih ke tim B dan pergi ke sana untuk memenangi pertandingan, tetapi kami kehilangan 17 pemain,” kata Xavi.

“Saya khawatir. Bagi saya, ini gila karena LaLiga tidak bisa menundanya. Tidak masuk akal bermain dalam situasi seperti ini.”

“Aturannya sangat kaku. Mallorca juga merasakan hal yang sama, meskipun tidak separah kami. Ini kacau, tetapi kami akan pergi ke sana untuk meraih tiga poin,” ujar pelatih yang juga mantan pemain Barcelona ini.

Xavi sejatinya masih memiliki 9 pemain tim utama yang bisa bertanding, yakni kiper Marc-Andre ter Stegen, Neto, Ronald Araujo, Eric Garcia, Gerard Pique, Oscar Mingueza, Frenkie de Jong, Riqui Puig, dan Luuk de Jong.

Adapun 10 pemain Barcelona yang positif Covid-19 adalah Sergino Dest, Abde Ezzalzouli, Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, Gavi, Dani Alves, Clement Lenglet, Jordi Alba, Alejandro Balde, dan Samuel Umtiti.

Xavi mengungkapkan bahwa Umtiti sudah mendapatkan hasil negatif pada tes Covid-19 terakhirnya dan kemungkinan bisa tampil melawan Mallorca.

Adapun pemain lain yang dipastikan absen adalah Sergio Busquets, Martin Braithwaite, Sergio Roberto, Memphis Depay, Ansu Fati, dan Pedri.

Busquets tak bisa bermain karena mendapatkan skorsing, sedangkan Braithwaite dan Roberto absen karena cedera.

Memphis Depay, Ansu Fati, dan Pedri yang juga sempat masuk ruang medis kini sudah kembali latihan.

Akan tetapi, Xavi mengatakan bahwa pertandingan Mallorca terlalu cepat bagi ketiganya kembali ke lapangan.

Adapun pemain Barcelona B yang dipanggil Xavi adalah Nico Gonzalez, Ferran Jutgla Alvaro Sanz, Arnau Comas, Mika Marmol, Guillem Jaume, Lucas de Vega, Ilias Akhomach, dan Estanis Pedrola.

Sementara itu, Barcelona masih berjuang untuk memperbaiki posisi di klasemen Liga Spanyol.

Barcelona kini berada di urutan ketujuh dengan mengoleksi 28 poin. Mereka tertinggal 18 poin dari Real Madrid yang menghuni puncak klasemen.