Manajer Wanita Timnas Thailand Bangga Lolos ke Final & Kalahkan Vietnam

Madame Pang Nuanphan Lamsam selaku manajer Timnas Thailand mengaku bangga setelah para pemainnya melaju ke final Piala AFF 2020. Ditambah lagi, itu didapat setelah mengalahkan Vietnam.

Thailand memastikan diri melaju ke final Piala AFF 2020 usai menahan imbang Vietnam 0-0, Minggu (26/12) malam WIB. The War Elephants menang 2-0 di leg pertama, 23 Desember lalu.

Menurut laporan Khaosod Online, hasil itu menghentikan rekor tanpa kemenangan melawan Vietnam selama 6 laga beruntun di segala level usia dan lintas ajang.

Pemain Thailand Yusef Elias Dolah berebut bola dengan pemain Vietnam Nguyen Van Toan pada pertandingan Semi Final Leg 2 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (26/12). Foto: Roslan RAHMAN / AFP

Dikutip dari 11v11, Timnas Thailand hanya mengoleksi satu kemenangan dalam lima laga terakhir. Lainnya, ada satu kekalahan dan sisanya berakhir imbang.

“Bangga bahwa krisis sepakbola Thailand secara bertahap mereda. Karena ini masalah kita bersaing dengan Vietnam,” tutur Madame Pang dikutip dari Khaosod Online.

“Kami sudah lama tidak mengalahkannya. Dan ini adalah pertama kalinya saya ditunjuk sebagai manajer juga. Ini adalah kehormatan dan kebanggaan tertinggi,” tambahnya.

Madame Pang, manajer Timnas Thailand. Foto: Instagram/@langpamsam

Selanjutnya, Thailand akan bentrok dengan Indonesia di final Piala AFF 2020. Duel juga akan dihelat dalam dua leg pada Rabu (29/12) dan Sabtu (1/1) mendatang.

Kedua tim telah bertemu sebanyak tiga kali di final Piala AFF sebelumnya. Namun, Thailand selalu berhasil mengalahkan Indonesia, dan Madame Pang juga berharap demikian pada final kali ini.

“Itu adalah hari yang sangat menegangkan. Semuanya adalah sejarah. Tetapi setiap penggemar sepak bola adalah tangan yang benar-benar memegang sepak bola Thailand. Semoga kita bisa membawa hadiah Tahun Baru ini untuk masyarakat Thailand,” tandas Madame Pang.