Meminimalisir Risiko di Chelsea vs Atletico Madrid

 

Chelsea akan menyambut Atletico Madrid dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge pada Kamis (18/3) dini hari WIB.

Chelsea berharap untuk menghindari kekalahan demi mendapat tiket ke perempat final Liga Champions.

Sebuah gol dari striker Prancis Olivier Giroud memastikan Chelsea meraih kemenangan luar biasa 1-0 di kandang Atletico Madrid pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

 

Kemenangan itu memastikan bahwa The Blues memasuki leg kedua di London dengan keunggulan tipis.

Jika Atletico Madrid ingin melaju ke perempat final Liga Champions, mereka harus melakukan apa yang belum pernah dilakukan tim lain sejauh ini yaitu mengalahkan tim Chelsea yang diarsiteki Thomas Tuchel.

Sejak Tuchel mengambil alih Stamford Bridge, Chelsea telah menjalani 12 pertandingan di semua kompetisi tanpa kekalahan.

Hasil 0-0 Chelsea saat bertandang ke Leeds di Liga Premier akhir pekan lalu merupakan catatan lima clean sheet berturut-turut mereka di semua kompetisi.

Tuan rumah tahu bahwa dengan clean sheet pada pertandingan melawan Atletico akan membuat mereka melaju ke perempat final.

Sementara, Atletico Madrid bakal fokus dalam melakukan serangan untuk menembus pertahanan Chelsea.Chelsea tidak perlu mengambil risiko yang tidak perlu yang dapat membuka pintu bagi Atletico Madrid untuk menekuk tuan rumah di Stamford Bridge.

Manajer Chelsea Thomas Tuchel mungkin akan memilih formasi 3-4-2-1 dan menginstruksikan para pemainnya untuk menjaga kesolidan lini pertahanan sembari menunggu momentum saat lini bertahan Atletico lengah.

Manajer Jerman itu akan meminta pemain sayapnya untuk memberikan umpan silang yang akurat kepada Olivier Giroud selama pertandingan.

Sementara, pelatih Atletico Madrid Diego Simeone akan mengatur timnya dalam formasi 4-4-2 dan akan mengandalkan Joao Felix dan Luiz Suarez di lini depan.

Bagaimanapun, Atletico bakal bermain lebih agresif dan efektif untuk mencari gol tandang yang penting.

Sementara itu, Mason Mount dan Jorginho dipastikan absen membela Chelsea karena hukuman akumulasi kartu kuning. Sedangkan, Thiago Silva dan Tammy Abraham masih diistirahatkan karena belum dalam kondisi fit.Atletico Madrid hadir di London dengan kekuatan terbaik. Ini menjadi keuntungan bagi pasukan Diego Simeone.

Dari delapan pertemuan terakhir kedua tim, Chelsea tiga kali mengalahkan Atletico. Sementara Atletico Madrid hanya dua kali menaklukkan Chelsea. Satu di antaranya, Atletico menekuk Chelsea di Stamford Bridge pada 2014 silam. Catatan ini paling tidak bisa menambah keyakinan bagi Atletico Madrid.

Saat itu Atletico yang dipimpin Diego Simeone menang 3-1 atas pasukan Jose Mourinho. Ketika itu tuan rumah unggul lebih dulu lewat Fernando Torres pada menit ke-36. Tetapi, Atletico dengan cepat mengambil sikap untuk merespons.

Atletico berhasil membalikkan keadaan lewat gol Adrian, Diego Costa, dan Arda Turan.

Pertemuan kedua tim ini selalu berlangsung menarik yang kerap berakhir dengan skor tipis. Dari delapan pertemuan kedua tim, Chelsea berhasil mengoyak gawang Atletico 12 kali atau rata-rata 1,5 gol per laga. Sementara, Atletico Madrid telah membobol Chelsea sebanyak 11 kali atau 1,3 gol per laga.

Untuk persaingan di lini depan, Chelsea memiliki Olivier Giroud yang menjadi top scorer sementara The Blues di Liga Champions musim ini. Penyerang Prancis itu sudah mengoleksi enam gol, satu di antaranya gol ke gawang Atletico pada leg pertama babak 16 besar.

Sedangkan di Liga Inggris, Olivier Giroud telah mengemas empat gol. Giroud masih kalah subur dari Tammy Abraham dan Jorginho yang menjadi pencetak gol terbanyak klub di kompetisi domestik dengan torehan enam gol.

Sementara, top scorer Atletico di Liga Champions musim ini dipegang oleh Joao Felix. Penyerang asal Portugal itu sudah mengoleksi tiga gol. Sedangkan, penyerang andalan Atletico Madrid Luis Suarez memiliki ketajaman yang berbeda antara LaLiga dan Liga Champions.
Di La Liga, Luis Suarez telah mencetak 18 gol dan berada di bawah Lionel Messi yang memimpin daftar top scorer Liga Spanyol. Namun, hingga kini Luis Suarez belum pecah telur di Liga Champions.

Penyerang asal Uruguay itu pun diharapkan bisa mengakhiri paceklik golnya di Liga Champions musim ini. Khususnya, gol tandang ke gawang Chelsea yang sangat penting bagi Atletico Madrid dalam merebut tiket ke perempat final Liga Champions.