Menang atas Portugal, Deschamps: Prancis Atasi Kesulitan dengan Semangat Kompetitif

LISBON – Kemenangan tipis 1-0 atas tuan rumah Portugal membuat Pelatih Tim Nasional (Timnas) Prancis Didier Deschamps bangga. Ia puas melihat anak asuhnya mampu mengatasi berbagai kesulitan untuk menyegel satu tempat di Semifinal UEFA Nations League 2020-2021.

Sebelum laga berat itu, Prancis lebih dulu menghadapi Finlandia pada partai persahabatan di tengah pekan. Laga yang diprediksi bakal dimenangi dengan mudah, malah berubah menjadi petaka. Les Bleus takluk dengan skor 0-2 dari tim tamu di Stadion Stade de France, Paris.

Hasil negatif itu untungnya tidak melunturkan mental sang juara dunia. Timnas Prancis mampu bangkit di saat yang tepat ketika menghadapi lawan yang kuat. Gol tunggal N’Golo Kante pada menit 53, sukses membawa pulang angka penuh.

Didier Deschamps menyalami anak asuhnya (Foto: UEFA)

Tidak heran, Didier Deschamps bangga dengan penampilan anak asuhnya. Sekali pun dihadang kesulitan, semangat kompetitif mereka muncul di waktu yang tepat. Itu menjadi bukti Timnas Prancis masih salah satu kesebelasan terbaik di Eropa.

“Sangat hebat rasanya melihat anak-anak bermain seperti itu dan menang di sini. Kemenangan ini sungguh pantas kami dapatkan, dengan solidaritas dan tentu saja kualitas,” ujar Didier Deschamps, dilansir dari Goal, Minggu (15/11/2020).

“Tidak selalu mudah, terutama anak-anak ini melewati waktu yang sulit. Beberapa harus kesulitan di klub. Namun, ketika mereka bertemu di sini, masih ada semangat kompetitif itu dan mereka membuktikan Prancis masih salah satu tim hebat,” imbuh pria berusia 52 tahun tersebut.