Menang Tipis dari Malmo, Juventus Jadi Juara Grup H Liga Champions

TURIN — Juventus lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup H setelah menang 1-0 atas Malmo pada laga terakhir penyisihan grup, di Stadion Juventus, Kamis (9/12) dini hari WIB. Hasil tersebut juga didukung oleh hasil imbang Chelsea 3-3 melawan Zenit di waktu yang sama.

Juventus mengendalikan permainan sejak laga dimulai. Mereka mendapatkan peluang pertama lewat skema tendangan sudut pada menit kedua. Namun bola hasil sundulan Rugani bisa ditangkap sempurna oleh kiper Malmo.

Pada menit keenam, Moise Kean yang mendapat umpan sodoran dari Paulo Dybala gagal mencetak gol karena tendangannya melebar ke sisi kiri gawang lawan. Dybala yang bermain lebih ke tengah bergerak lebih leluasa untuk mengontrol permainan dan memberikan umpan kepada rekannya.

Sementara Malmo terpaksa bermain bertahan guna menahan gempuran pemain Bianconeri. Mereka mengandalkan serangan balik untuk mengancam pertahanan tuan rumah.

Pada menit ke-18, Kean membuka keunggulan bagi Juventus lewat sundulan. Ia menyambut umpan lambung Bernardeschi dari sisi kiri pertahanan Malmo.

Hingga gol tersebut tercipta, Malmo belum menciptakan peluang membahayakan ke gawang Juventus. Serangan mereka selalu dipatahkan oleh gelandang-gelandang Juventus.

Malmo mencoba melakukan percobaan spekulasi melalui Bonke Innocent pada menit ke-35. Namun tembakan kaki kanannya melambung jauh ke arah gawang Juventus. Hingga jeda tak ada gol tambahan.

Malmo lebih berani menyerang pada babak kedua. Mereka mendapatkan beberapa kali peluang. Tetapi kendali permainan tetap dipegang Juventus.

Pada menit ke-58 Rabiot melakukan percobaan melalui tendangan keras dari sisi kanan pertahanan Malmo. Namun tendangannya melebar di sisi kanan gawang.

Pada menit ke-60, striker Malmo, Colak mendapatkan peluang menyamakan kedudukan andai tembakannya tak diblok oleh Bonucci. Morata yang masuk pada babak kedua menggantikan Dybala beberapa kali merepotkan pertahanan Malmo.

Namun intensitas tekanan lebih berkurang dengan keluarnya Dybala. Pemain asal Argentina tersebut cukup merepotkan Malmo dengan pergerakan dan umpan-umpannya di babak pertama.

Malmo terus berusaha membongkar pertahanan MU dari berbagai sisi. Hampir seluruh pemain Malmo ikut naik ke area permainan Juventus ketika dalam kondisi menyerang. Namun hingga laga usai gol Kean di babak pertama merupakan satu-satunya di laga ini.