Minta Doa Restu Nikahi Erina Gudono, Kaesang Pangarep Sebut Perempuan Paling Sempurna

TEMPO.COJakarta – Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tinggal menghitung hari untuk mengesahkan hubungan mereka. Putra bungsu Presiden Jokowi itu akan menikahi Puteri Indonesia Yogyakarta 2022 itu pada 10 Desember 2022 di Pendopo Hotel Ambarrukmo, Yogyakarta. 

Saat menuju halal tinggal 15 hari lagi, Kaesang mengunggah pas foto bersanding dengan calon istrinya dengan latar belakang biru, seperti yang dilakukan calon pengantin lainnya itu di halaman Instagramnya. Ia bermaksud meminta restu netizen untuk melangkah ke kehidupan baru. “Bismillah minta doanya menuju halal sama perempuan paling sempurna buat aku di dunia,” tulisnya pada keterangan unggahannya itu. 

Kaesang Tunjukkan Sikap Benar-benar Bucin ke Erina 

Di pas foto yang akan ditempel di buku nikah mereka, pasangan ini terlihat berseri-seri. Erina terlihat cantik, seperti biasanya dalam pas foto itu, meski dipulas makeup sederhana dan mengenakan kemeja putih. Kaesang pun terlihat ganteng dengan kemeja putihnya.

Kaesang juga mengunggah foto kekasihnya dan fotonya sendiri dalam unggahan terpisah. Pada foto Erina, ia memperlihatkan ke-bucin-annya. “Apple bikin hape bagus. Hyundai bikin mobil listrik keren. Kalau kamu @erinagudono bikin aku jatuh cinta,” tulisnya pada keterangan unggahan itu. 

Adapun saat mengunggah fotonya sendiri, Kaesang berusaha merendah untuk meninggikan mutu. “Gedang goreng (pisang goreng) gak usah dikasih caption bagus,” tulisnya yang langsung dikomentari Erina pada kolom komentar. “Ganteng banget calon suamiku,” tulisnya sambil menambahkan emotikon hati.

Mahar Pernikahan Uang Rp 300 Ribu

Tadi siang, Kepala KUA Depok, Sleman Muhammad Wiyono mengatakan, sudah menerima berkas pendaftaran nikah Kaesang dan Erina. Pendaftaran itu dilakukan Erina sendiri bersama keluarganya tanpa mengajak Kaesang, kemarin.

Kedatangannya sekaligus memberikan data soal mas kawin atau mahar yang bakal diberikan Kaesang kepada dirinya sebagai istri untuk dimasukkan dalam berkas pendaftaran. “Mas kawin yang dicatatkan berupa seperangkat alat salat dan uang Rp 300 ribu, tapi itu data sementara, masih bisa berubah karena akadnya kan juga masih lumayan lama,” kata Wiyono.

Rangkaian prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono ini akan dimulai dengan siraman dan pengajian pada Kamis, 8 Desember 2022. Sehari kemudian, keluarga Erina akan memasang bleketepe dan malam midodareni. Pada Sabtu, 10 Desember 2022 akan dilangsungkan akad nikah dengan undangan terbatas. Undangan lebih banyak akan dilangsungkan saat upacara ngunduh mantu yang berlangsung di Istana Pura Mangkunegaran pada Ahad untuk waktu yang masih dirahasiakan