Mobil Baru Wuling Pesaing Hyundai Creta Meluncur di IIMS 2023?

TEMPO.COJakarta – Menjelang akhir tahun 2022 sebuah mobil yang ditutup stiker kamuflase berseliweran di jalanan Jakarta dan sekitarnya. Foto dan videonya banyak beredar di sosial media. Mobil itu diduga milik Wuling Motors Indonesia yang disiapkan untuk diluncurkan pada awal 2023. 

Dilihat dari bentuknya, mobil itu diduga merupakan Wuling Alvez, sebuah SUV yang akan menjadi pesaing bagi Hyundai Creta dan Honda HR-V. Jika dilihat dari samping, model ini memiliki desain mirip Almaz yang sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2019, namun dalam dimensi yang lebih kecil. 

Alvez merupakan SUV yang sama dengan Xing Chi di pasar Cina. Model ini debut pada September 2022 dan dipasarkan di negara asal Wuling mulai akhir 2023. Alvez ditawarkan dengan range harga mulai 56.800 yuan hingga 86.800 yuan atau setara Rp 127 jutaan hingga Rp 195 jutaan (dengan kurs saat ini 1 yuan = Rp 2.252). Harga itu besar kemungkinan akan berada di range Rp 200 juta hingga Rp 300 juta saat masuk Indonesia. 

Indonesia disebut-sebut sebagai negara selanjutnya yang akan memasarkan Alvez. Lantas kapan model ini akan diperkenalkan di Tanah Air? 

Belum ada keterangan resmi kapan model ini akan diluncurkan. Saat ditemui acara Tempo Green Energy pertengahan Desember 2022, Brand & Marketing Director Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani menyampaikan bahwa perusahaan memang menyiapkan model baru untuk 2023. Dian memberikan petunjuk bahwa model baru nanti akan bermesin pembakaran internal, bukan mobil listrik. 

“Untuk model baru ICE, nanti kami infokan,” kata dian ketika itu. 

Ada kemungkinan model ini diperkenalkan pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan digelar pada 16-28 Februari 2023. 

Ada kemungkinan model ini diperkenalkan pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan digelar pada 16-28 Februari 2023. 

Kembali ke Xing Chi alias Alvez, namanya sudah terdaftar di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementeruan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia. Dalam data tersebut, diketahui Alvez ini didaftarkan pada 13 Agustus 2022 dengan nama pemilik SAIC-GM-Wuling Automobile Co. Ltd.