MotoGP: Quartararo Suka Ria, Vinales Bermuram Durja

 

Fabio Quartararo dan Maverick Vinales mengalami suasana yang berbeda seiring enam seri MotoGP 2021 yang telah berjalan saat ini.

Quartararo berhasil memenangkan MotoGP Italia pada balapan Minggu (30/5). Kemenangan itu membuat Quartararo kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 105 poin.

Kegagalan finis Pecco Bagnaia membuat Quartararo kini punya selisih 24 poin atas Johann Zarco yang ada di posisi kedua.

Bagi Quartararo, perjalanan di musim debut bersama pabrikan Yamaha terbilang impresif sejauh ini. Dari enam seri yang telah berjalan, Quartararo sudah tiga kali menang dan empat kali naik podium.

Dua seri lainnya, Quartararo finis di posisi kelima MotoGP Qatar dan posisi ke-13 di MotoGP Spanyol. Namun untuk hal tersebut, Quartararo sejatinya bisa menang atau setidaknya meraih podium andai tidak mengalami cedera arm pump di 10 lap terakhir yang membuatnya posisi melorot dari peringkat satu hingga ke peringkat 13.

MotoGP - French Grand Prix - Circuit Bugatti, Le Mans, France - May 15, 2021 Monster Energy Yamaha MotoGP's Maverick Vinales in action during practice REUTERS/Stephane MaheMaverick Vinales tampil buruk setelah sempat memenangkan seri pembuka. (REUTERS/STEPHANE MAHE)

Belum lagi fakta bahwa Quartararo selalu meraih pole position di empat seri terakhir. Hal tersebut membuat Quartararo mampu membuktikan tampil konsisten di seluruh sirkuit yang telah dipertandingkan sejauh ini.

Hal yang berbeda justru dicapai oleh rekan setim Quartararo, Maverick Vinales. Setelah memenangkan seri pertama di MotoGP Qatar, Vinales justru melempem di seri-seri berikutnya.

Vinales tidak lagi bisa mengecap podium di lima seri berikutnya. Bahkan setelah finis di posisi kelima MotoGP Doha, Vinales tidak mampu finis di posisi lima besar.

Alhasil, Vinales pun kini terlempar jauh dari bursa juara. Vinales kini mengoleksi 64 poin dan ada di posisi keenam klasemen MotoGP 2021.

Upaya Quartararo dan Vinales untuk berjuang di lanjutan MotoGP 2021 ada pada MotoGP Catalunya.Vinales berjarak 41 poin dari Quartararo yang saat ini jadi pemuncak klasemen.

MotoGP Catalunya berlangsung pada Minggu (6/6). Balapan MotoGP Catalunya bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.