Pangkat Letkol Trituler Dipersoalkan, Deddy Corbuzier Janji Tak akan Ambil Gajinya

TEMPO.COJakarta – Youtuber dan mantan pesulap, Deddy Corbuzier berjanji tak akan mengambil gaji dari pangkat Letkol Tituler yang diberikan kepadanya. Janji itu ia ungkapkan di akun Twitternya pada Rabu, 14 Desember 2022. “Just info buat yang bertanya, saya tidak akan mengambil gaji atau tunjangan apapun sebagai tituler. Saya balikkan ke negara, masih banyak lainnya yang lebih membutuhkan,” tulisnya. 

Dapat Sentilan dari Susi Pudjiastuti

Pernyataan ini menjawab sindiran berbagai pihak bahwa ia mendapatkan gaji dan tunjangan dengan pangkat pemberian ini. Salah satunya, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. “Dearest Deddy, kamu enggak perlu keuntungan finansial itu, sumbangkan langsung kepada orang di TNI yang membutukan,” cuit Susi, dua hari lalu.

Banyak yang mempersoalkan pemberian pangkat letnan koloner tituler yang diberikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada suami Sabrina Chairunnisa itu. Netizen mempertanyakan kontribusi yang telah diberikan ayah dua anak itu kepada negara sehingga mendapatkan pangkat kehormatan tersebut.

Politikus dari Partai Nasdem, Akbar Faizal membandingkan jasa Deddy dengan ayah kandungnya yang mengikuti operasi militer di Irian Barat. Ayah Akbar terluka terkena peluru hingga lengannya bengkok. “Operasi di Timtim/Timor Leste dapat bintang seroja. Hingga wafat berpangkat sertu. Kami bangga padanya. Dan seseorang pesohor tiba-tiba dapat pangkat Letkol dari Menhan Prabowo, panglima TNI dan Kasad. Negeri suka-suka,” cuit Akbar pada 9 Desember 2022.

Pemberian Pangkat Letkol Tituler Diminta Dijelaskan ke Publik

Pemberian pangkat ini juga menjadi pembahasan Komisi I DPR RI. Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid meminta Kementerian Pertahanan memberikan penjelasan ke masyarakat alasan pemberian pangkat militer itu kepada pesohor. “Perlu dijelaskan agar mengetahui secara pasti tugas Deddy Corbuzier selama menjalani jabatan tersebut,” kata Meutya. 

Unggahan Deddy tidak akan mengambil gaji itu alih-alih mendapatkan simpati justru makin membuat netizen memperoloknya. “Jangan cuma gaji, tolak juga jabatan itu karena sangat tidak pantas. Menolak gaji itu mudah karena gajinya kecil bagi elu, tapi menolak jabatan apa berani?” cuit @khoi***. “Ini kami kasih capture elu baca. Elu gak ada kapasitas untuk irtu,” cuit @Kaca*** dengan mengunggah foto tangkap layar yang menunjukkan aturan pemberian pangkat tituler. 

Deddy Corbuzier Pamer Kedekatan dengan AM Hendropriyono

Seakan tak peduli dengan hujatan kepadanya, Deddy Corbuzier mengunggah fotonya tengah sowan di rumah AM Hendropriyono, mantan Kepala Badan Intelijen Negara, yang sudah dianggapnya sebagai ayah. Ia mengunggah foto itu satu jam lalu. “Hanya mau bilang, terima kasih untuk semua cinta dan perhatian ayah @amhendropriyono. Sungguh hari yang mengejutkan. Mudah-mudahan saya bisa menjalankan pesan Ayah. Bela bangsa adalah hak dan kewajiban semua warga negara. Cinta kalian semua,” tulisnya.