Pemain Bordeaux Kolaps di Lapangan seperti Eriksen

Pemain Bordeaux, Samuel Kalu, kolaps di tengah pertandingan Liga Prancis, Minggu (15/8). Kejadian ini mengingatkan insiden yang dialami pemain timnas Denmark Christian Eriksen di Euro 2020 (Euro 2021).
Dalam pertandingan Bordeaux melawan Marseille di Stadion Velodrome itu Kalu kolaps saat pertandingan berjalan 10 menit. Setelah mendapat perawatan, pemain asal Nigeria tersebut bisa melanjutkan pertandingan kembali secara normal.

Kalu tiba-tiba pingsan saat pemain Marseille, Dimitri Payet bersiap melakukan tendangan bebas. Melihat Kalu tumbang, rekan-rekannya langsung menghampiri dan meminta tim medis bertindak sigap melakukan pertolongan pertama.
Saat Kalu ditangani tim medis, rekan-rekannya membuat barisan pagar melingkar, mirip dengan adegan yang dilakukan pemain Denmark saat Eriksen mengalami serangan jantung dalam laga melawan Finlandia.

Setelah ditangani, Kalu didiagnosis dehidrasi. Hal sama pernah dialaminya saat membela timnas Nigeria dalam pertandingan Piala Afrika 2019. Sama seperti kejadian tersebut, kali ini Kalu bangkit dan bisa melanjutkan pertandingan.

Hanya delapan menit berada di lapangan pertandingan, Kalu tampak tak stabil. Saat itu suhu udara di Marseille memang sangat terik. Pemain 23 tahun ini akhirnya digantikan Remi Oudin oleh pelatih Bordeaux, Vladimir Petkovic.

Petkovic mengatakan, seluruh isi stadion hening saat Kalu pingsan. Semuanya tertegun dan berharap kisah Eriksen tak terulang. Bagaimanapun kejadian yang menimpa Eriksen masih hangat di benak penggemar sepak bola.

“Saya memikirkan apa yang terjadi selama Euro 2020. Dengan saran tim medis, kami memilih untuk menggantikannya [Kalu] agar tidak menimbulkan risiko. Dalam kasus seperti ini sepak bola berada di kursi belakang,” ucap Petkovic.
Oudin yang tampil menggantikan Kalu ternyata menjadi penyelamat tim, dengan melesakkan gol penyeimbang 2-2 setelah sebelumnya sempat tertinggal 0-2. Seusai laga Oudin mengabarkan kondisi rekannya baik-baik saja.

“Menurut dokter, itu [Samuel Kalu] hanya pusing. Ia akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan kami akan tahu lebih banyak besok [Senin, 16/8] siang. Itu membuat kami sedikit tegang dan itu cukup mengejutkan,” kata Oudin.

“Kami pasti memikirkan apa yang terjadi dengan [gelandang Denmark, Christian Eriksen], seluruh tim dan semua orang takut. Kami senang untuk Kalu, semuanya baik-baik saja dan itu yang paling penting,” ucapnya menambahkan.