Persaingan Segmen Low SUV Memanas, Wuling Segera Luncurkan Tipe Baru?

TEMPO.COJakarta -Pasar otomotif Indonesia di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) semakin ramai dengan ditandai berbagai ragam produk yang dipasarkan kepada konsumen, termasuk SUV menengah dan low suv.

Mulai dari pabrikan Jepang, Eropa, Amerika hingga China berlomba memberikan produk terbaik. Kelas menengah SUV pun terbagi. Pertama, mobil menengah SUV ladder frame dengan ciri bodi bongsor seperti Nissan Terra, Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner.

Mayoritas mobil di kelas SUV menengah dibandrol dengan harga di atas Rp500 juta. Namun, untuk kepuasan konsumen ada juga dengan harga Rp400 juta kebawah.

Dilansir dari Antara, mobil SUV terbaru di tahun 2023 ada dari Honda CRV, Kijang Innova, Suzuki Swift, hingga New Mitsubishi Pajero Sport. Dengan hadirnya mobil SUV terbaru ini tentu akan menambah persaingan baru di pasar Indonesia.

Tipe menengah SUV berikutnya seperti Wuling Almaz, Honda CR-V, Hyundai Santa Fe, Nissan X-Trail, DFSK i-Auto, hingga VW Tiguan.

Low SUV dan compact juga tengah banyak dicari. Seperti Hyundai Creta yang bersaing dengan Honda HR-V, dan CR-V bersama Mazda CX-5. Salah satu penantang baru yaitu Hyundai Creta, berhasil menempati peringkat ke-3 sebagai LSUV terlaris, mengalahkan Daihatsu Terios sampai Suzuki XL7 per periode Agustus 2022 lalu.

Dengan capaian itu, peta persaingan di segmen LSUV berubah. Saat itu, total penjualan Creta berhasil mencapai 1.243 unitt yang hanya selisih sedikit dari Honda BR-V dengan 1.968 unit, yang menempati posisi kedua.

Selain itu, Wuling Motors Indonesia, pabrikan mobil pertama asal Tirai Bambu di Indonesia meluncurkan mobil baru di tahun 2023. Wuling mengonfirmasi jumlah pemesanan untuk mobil SUV Wuling Almaz Hybrid sekitar 200 unit, dengan harga dibanderol Rp 470 juta.