Perut Pacquiao Dipukul Pakai Kayu Jelang Lawan Spence

Manny Pacquiao menggunakan metode lama dipukul dengan stik kayu jelang pertarungan melawan Errol Spence Jr. pada perebutan gelar juara dunia tinju welter WBC, IBF dan The Ring pada 21 Agustus mendatang.
Dalam sebuah video yang diperlihatkan kubu Pacquiao melalui YouTube dan media sosial, terlihat Pacquiao dipukul pada bagian perut, serta tangan kanan dan kiri menggunakan stik kayu.

“Pacquiao menggunakan cara latihan lawas. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian,” tulis Team Pacquiao melalui YouTube.
Pacquiao terlihat menahan sakit saat pelatih conditioning, Justin Fortune, memukulkan stik kayu ke bagian perut dan tangan. Insiden itu terjadi di Wild Card Boxing Club, California, sebagai bagian dari persiapan melawan Pacquiao.

Asisten pelatih Buboy Fernandez menjaga waktu berapa lama Pacquiao dipukul menggunakan stik kayu oleh Fortune. Pacquiao terlihat menahan sakit yang luar biasa dan sempat bergurau akan memukul Fortune.

“Arghh, saya suka itu,” ujar Pacquiao sambil mengepalkan tangan seakan ingin memukul Fortune yang sedang memukul Pacman menggunakan stik kayu.
Setelah sesi conditioning menggunakan stik kayu selesai, Pacquaio kemudian memukul perut Fernandez.

Dikutip dari Rappler, dipukul menggunakan stik kayu merupakan cara conditioning yang sudah lama tidak digunakan Pacquiao. Cara itu kali pertama terlihat digunakan kubu Pacquiao satu dekade lalu.

Memukul anggota badan menggunakan stik kayu merupakan bagian dari conditioning memperkuat otot dan meningkatkan toleransi rasa sakit. Cara itu juga meningkatkan ketangguhan mental. Cara itu juga pernah dipakai petinju legendaris seperti Oscar De La Hoya, Miguel Cotto, Juan Manuel Marquez, dan Shane Mosley.

Duel melawan Spence merupakan kali pertama bagi Pacquiao di masa pandemi. Terakhir petinju asal Filipina itu naik ring saat merebut gelar WBA Super Welter melawan Keith Thurman pada 20 Juli 2019.