Piala AFF 2020: Ketua PSSI Minta Timnas Indonesia Tidak Kendur Hadapi Singapura

Jakarta – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, meningkatkan performa para pemainnya menjelang laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 melawan Singapura pada Sabtu 25 Desember mendatang. Skor imbang 1-1 membuat tiket babak final untuk timnas Indonesia belum aman.

Dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Kamis, 23 Desember 2021, Iriawan tidak ingin situasi seperti saat babak kedua pertandingan leg pertama semifinal terulang. Tampil spartan di babak pertama, dia menganggap performa skuad Garuda mengendur di babak kedua hingga akhirnya kebobolan.

“Pada pertengahan babak kedua kita kendur. Ini harus diperbaiki oleh Shin Tae-yong agar bisa tampil maksimal di laga kedua nanti,” ujar Iriawan.

Iriawan pun mengingatkan agar timnas Indonesia fokus dan tidak lengah sepanjang leg kedua nanti. Sebab, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong memerlukan kemenangan untuk melaju ke final. “Kita tetap harus fokus dan jangan lengah. Segala sesuatunya masih bisa terjadi,” tutur Iriawan.

Timnas Indonesia ditahan imbang Singapura dengan skor 1-1 pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu lalu. Indonesia unggul sejak babak pertama melalui gol Witan Sulaeman pada menit 28. Namun, Singapura mampu menyamakan kedudukan pada paruh kedua via sepakan penyerang Ikhsan Fandi pada menit ke-70.

Indonesia dan Singapura akan kembali bertarung pada leg kedua semifinal yang juga berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu mendatang. Timnas Indonesia harus memenangkan laga tersebut untuk lolos ke final.

Fase gugur Piala AFF 2020 tak mengenal keunggulan gol tandang. Oleh karena itu, andai leg kedua kembali tuntas dengan hasil seri, pertandingan semifinal berlanjut ke babak tambahan 2×15 menit dan adu penalti jika diperlukan.