Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Jajal Rumput Stadion Nasional Singapura

Jakarta – Timnas Indonesia disebut telah menjajal rumput Stadion Nasional Singapura yang akan digunakan untuk laga kontra Malaysia pada putaran terakhir babak penyisihan grup Piala AFF 2020 Ahad besok, 19 Desember 2021. Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan Alif Rifai, menyatakan mereka telah siap menghadapi laga tersebur.

Kunjungan ke Stadion Nasional Singapura itu dilakukan skuad Garuda pada Jumat kemarin. Menurut laman resmi PSSI, Evan Dimas cs berada 15 menit di sana untuk melihat kondisi lapangan.

Usai menjajal rumput di Stadion Nasional Singapura, Evan Dimas cs melakoni latihan di Stadion Bukit Gombak. Pratama Arhan menyatakan bahwa skuad Garuda dalam kondisi siap tempur untuk menghadapi Malaysia. Dia pun meminta doa dan dukungan dari seluruh warga Indonesia.

“Kami terus bersiap dan fokus menghadapi Malaysia. Mereka tim yang bagus, kami harus waspada, dan bertekad meraih kemenangan melawan Malaysia,” kata Arhan.

“Kami juga mohon doa dan dukungan dari seluruh warga Indonesia agar kami dapat meraih hasil maksimal di Piala AFF 2020 ini. Kami akan bekerja keras dan bertekad memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia.”

Dalam konferensi pers hari ini, Sabtu 18 Desember 2021, Pelatih Indonesia Shin Tae-yong menyatakan bahwa bek Elkan Baggott bisa bermain melawan Malaysia. Elkan sudah selesai menjalani karantina mandiri. Sementara Egy Maulana Vikri baru akan bergabung bersama skuad Garuda jika mereka melaju ke semifinal.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga sempat menyatakan bahwa sejumlah pemainnya mengalami cedera setelah laga kontra Vietnam tiga hari lalu. Meskipun demikian dia menyatakan tak ada yang perlu dikhawatirkan dari cedera tersebut. Dia menyatakan anak asuhnya hanya mengalami cedera ringan dan akan siap untuk laga kontra Malaysia besok.

“Kondisi para pemain baik. Walau ada yang cedera, itu ringan dan tidak akan berpengaruh ke laga. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Saat ini pemain tinggal menyiapkan mental,” kata Shin.

Laga Malaysia vs Indonesia pada Ahad besok akan menentukan satu tiket ke babak semifinal Piala AFF 2020. Timnas Indonesia memiliki peluang lebih besar karena hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos sementara Malaysia harus menang karena sempat mengalami kekalahan dari Vietnam.