Piala Dunia 2022: Argentina vs Australia 2-1, Messi Sumbang 1 Gol

TEMPO.COJakarta – Argentina telah merampungkan pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Australia pada Minggu dini hari WIB, 4 Desember 2022. Dalam laga tersebut Albiceleste keluar sebagai pemenang.

Tim asuhan Lionel Scaloni tersebut mampu mengalahkan Australia dengan skor 2-1. Dua gol Argentina mampu dicatatkan oleh Lionel Messi dan Julian Alvarez, sedangkan Australia memperkecilnya lewat aksi Craig Goodwin. Hasil ini membuat Albiceleste akan menghadapi Belanda di babak peremparfinal Piala Dunia 2022.

Babak I

Argentina memulai pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan cukup baik. Mereka mampu menguasai permainan, hingga akhirnya mendapat kesempatan pertama mencetak angka pada menit ke-17.

Saat itu Papu Gomez mencoba untuk melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayangnya percobaannya belum mampu berbuah gol. Skor 0-0 tetap bertahan hingga pertandingan memasuki menit ke-30.

Barulah di menit ke-35 Argentina bisa membuka keunggulan melalui sepakan Messi. Pemain bintang Paris Saint Germain tersebut mampu memanfaatkan situasi bola mati Nicolas Otamendi.

Hingga babak pertama usai, Albiceleste mampu menjaga keunggulan 1-0 atas Australia. Hasil ini memungkinkan Argentina untuk mengambil kendali penuh pada paruh kedua pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Babak II

Pada awal babak kedua, Argentina melakukan perubahan pada skemanya. Pelatih Lionel Scaloni mencoba sedikit bertahan dengan menarik keluar Papu Gomez, dan memasukkan Lisandro Martinez.

Meski begitu, Albiceleste tetap tidak berhenti untuk merusak pertahanan lawan. Beberapa percobaan kerap dilancarkan oleh para pemain Argentina. Sayangnya usaha mereka belum membuahkan hasil.

Gol kedua Argentina akhirnya muncul di menit ke-57. Berawal dari kesalahan kiper Mathew Ryan, pemain Manchester City Julian Alvarez mampu menggandakan keunggulan timnya menjadi 2-0.

Asyik menyerang, Argentina justru kebobolan pada menit ke-77. Gol Australia itu berawal dari tembakan keras Craig Goodwin dari luar kotak penalti. Sepakannya membentur pemain lawan sebelum akhirnya bola masuk ke gawang. Sayangnya Australia tetap kalah 1-2 dari Argentina.

Susunan Pemain

Argentina (4-3-3): Martinez; Molina, Romero, Otamendi, Acuna; De Paul, Fernandez, Mac Allister; Alvarez, Messi, Papu Gomez.

Australia (4-4-2): Ryan; Degenek, Soutlar, Rowles, Behich; Leckie, Baccus, Mooy, McGree; Duke, Irvine.