Piala Dunia 2022: Spanyol vs Jerman Berakhir 1-1, Simak 10 Fakta dan Statistik Menarik

TEMPO.COJakarta – Big match Piala Dunia 2022, Spanyol vs Jerman, berlangsung tanpa pemenang. Laga Grup E  yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Al Khor, ini berakhir dengan skor 1-1.

Timnas Spanyol unggul terlebih dahulu lewat gol Alvaro Morata. Jerman bisa menyamakan kedudukan berkat gol Niclas Fullkrug.

Simak sejumlah fakta dan statistik dair pertandingan Spanyol vs Jerman:

1. Jerman gagal memenangi salah satu dari dua pertandingan grup pertama mereka di satu Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Mereka juga tanpa clean sheet dalam pertandingan kompetitif di tahun kalender ini (delapan pertandingan). 

2. Dua pencetak gol pada laga ini, Alvaro Morata dan Niclas Fuellkrug adalah pemain yang baru masuk pada babak kedua.

3. Spanyol telah mencetak tiga gol melalui pemain pengganti di Piala Dunia 2022, jumlah tertinggi mereka dalam satu edisi kompetisi.

4. Manuel Neuer memainkan laga ke-18 di Piala Dunia dan jumlah itu menyamai torehan Sepp Maier dan Claudio Taffarel sebagai kiper dengan penampilan terbanyak di ajang ini.
5. Sergio Busquets mencapai 15 penampilan di Piala Dunia, hanya Sergio Ramos pemain Spanyol yang memiliki jumlah lebih banyak darinya, yakni 17.

6. Starting XI Jerman pada laga ini memiliki rata-rata usia 28 tahun 147, dan ini menjadi starting XI tertua Jerman di Piala Dunia sejak 30 Juni 2002 (final lawan Brasil) dengan rata-rata 28 tahun 166 hari.

7. Alvaro Morata menjadi pemain ketiga yang keluar dari bangku cadangan dalam dua penampilan pertamanya di Piala Dunia dan mencetak gol dalam dua kesempatan itu, setelah Memphis Depay pada 2014 dan Ricardo Pelaez pada 1998. 

8. Morata juga menjadi pemain kelima yang mencetak gol dalam dua penampilan pertamanya di Piala Dunia untuk Spanyol setelah Fernando Torres, Basora, Zarra, dan Jon Andoni Goikoetxea. Namun, Morata adalah yang pertama dari lima pemain yang mencetak dua kali sebagai pemain pengganti. 

9. Kini Spanyol memimpin klasemen Grup E Piala Dunia 2022 dengan nilai 4, disusul Jepang dan Kosta Rika (sama-sama 3 poin) serta Jerman (1). Pada laga terakhir grup ini, 1 Desember mendatang, Jepang akan melawan Spanyol dan Kosta Rika menghadapi Jerman.

10. Jerman masih mungkin lolos dengan mengalahkan Kosta Rika. Tapi, pada saat sama mereka juga membutuhkan Spanyol untuk mengalahkan Jepang. Bila Spanyol bermain imbang, Jerman harus menang dengan setidaknya dua gol.