Piala Super Jerman: Bayern Unggul atas Dortmund di Babak I

Bayern Munchen unggul 1-0 atas Borussia Dortmund di babak pertama dalam laga Piala Super Jerman di Signal Iduna Park, Rabu (18/8) dini hari WIB.
Bayern mendapatkan peluang mencetak gol pada menit ke-16. Kesalahan pemain Dortmund membuat bola direbut Serge Gnabry yang mengoper ke Kingsley Coman yang berada di kotak penalti.

Coman bisa menguasai bola dan langsung melepaskan tendangan yang masih jauh dari sasaran.

Empat menit berselang, Dortmund nyaris unggul lebih dulu di laga ini. Umpan terobosan Jude Bellingham berhasil dijangkau Marco Reus tetapi tendangan Reus yang mengarah ke gawang masih bisa diblok menggunakan kaki oleh Manuel Neuer.

Pada menit ke-24, Dortmund mendapatkan tendangan bebas setelah Erling Haaland dilanggar Niklas Sule di luar kotak penalti. Reus maju sebagai eksekutor tetapi tendangannya masih berada di atas mistar gawang Bayern.

Dortmund jadi tim yang lebih dominan dalam menciptakan peluang memasuki pertengahan babak pertama. Kali ini peluang didapat Youssoufa Moukoko, namun tendangannya dari dalam kotak penalti masih terlalu lemah dan mudah dijinakkan Neuer.

Bayern coba membalas tekanan yang terus dilakukan Dortmund. Peluang didapat Lewandowski memanfaatkan kemelut di kotak penalti tetapi bola yang ia tendang masih bisa diblok Axel Witsel pada menit ke-35.

Satu menit berselang, Dortmund berhasil membobol gawang Bayern melalui Moukoko. Akan tetapi gol itu dianulir wasit karena pemain berusia 16 itu lebih dulu berada dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan Haaland.

Pertandingan berjalan makin sengit mendekati akhir babak pertama. Bayern mendapatkan peluang melalui Kingsley Coman yang dibalas dengan peluang Haaland tetapi belum ada gol yang tercipta.

Bayern akhirnya bisa unggul lebih dulu 1-0 di laga ini pada menit ke-41. Umpan silang Gnabry dari sisi kiri penyerangan disambut sundulan Lewandowski yang menggetarkan gawang Dortmund.

Keunggulan itu mampu dipertahankan Bayern hingga babak pertama usai. Die Roten unggul 1-0 atas Dortmund di 45 menit pertama pertandingan.

Susunan pemain
Borussia Dortmund (4-3-3): Gregor Kobel; Felix Passlack, Axel Witsel, Manuel Akanji, Nico Schulz; Jude Bellingham, Mahmoud Dahoud, Giovanni Reyna; Youssoufa Moukoko, Erling Haaland, Marco Reus;

Bayern Munchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Josip Stanisic, Dayot Upamecano, Niklas Sule, Alphonso Davies; Joshua Kimmich, Leon Goretzka; Kingsley Coman, Thomas Muller, Serge Gnabry; Robert Lewandowski