Pique Marah Italia Tendang Penalti Pertama di Semifinal Euro

Mantan bek timnas Spanyol Gerard Pique marah setelah Italia menjadi penendang penalti pertama saat mengalahkan La Furia Roja pada semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Rabu (7/7) dini hari WIB. Spanyol kalah dari Italia di semifinal Euro 2020. Setelah bermain imbang 1-1 sepanjang 120 menit, Spanyol kalah 2-4 dalam adu penalti setelah Dani Olmo dan Alvaro Morata gagal mengeksekusi penalti. Pique yang membawa Spanyol juara Euro 2012 menggunakan akun Twitter untuk mengungkapkan kemarahan usai Italia menang pada semifinal Euro 2020. Bek Barcelona itu menganggap Italia diuntungkan menjadi penendang penalti pertama saat melawan Spanyol.

Bukan sebuah kebetulan dalam empat adu penalti terakhir di Euro 2020 dan Copa America, tim yang menendang penalti lebih dulu menang. Statistik menunjukkan menjadi penendang pertama membuat Anda memiliki lebih banyak pilihan,” ujar Pique dikutip dari Football Espana. “Dalam turnamen seperti ini tampaknya tidak adil bagi saya bahwa sebuah hasil undian harus membuat Anda memulai [adu penalti] dalam posisi yang kurang menguntungkan,” sambung Pique. Italia sendiri dipilih wasit menjadi eksekutor penalti pertama setelah kapten Gli Azzurri Giorgio Chiellini memenangi coin toss melawan Jordi Alba yang bertindak sebagai kapten tim Spanyol usai 120 menit laga. Giorgio Chiellini menang coin toss atas Jordi Alba. (AP Photo/Matt Dunham,Pool) Eksekutor penalti pertama Italia Manuel Locatelli gagal setelah tendangannya diblok Unai Simon. Sayang bagi Spanyol, penendang pertama mereka Dani Olmo juga gagal setelah tendangannya melambung. Italia kemudian memastikan langkah ke final Euro 2020 setelah kiper Gianluigi Donnarumma memblok penalti Alvaro Morata dan Jorginho melakukan tugasnya dengan sempurna.

Kemenangan atas Spanyol membuat Italia selanjutnya akan menghadapi pemenang Inggris vs Denmark pada final Euro 2020 yang digelar di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari.

Tags :