Timnas Portugal memiliki skuad tertajam di Euro 2020. Sepanjang musim 2020/2021 total ada 208 gol yang diciptakan para pemain Os Navegadores bersama klub masing-masing.

Total, 5 striker Portugal mengoleksi 95 gol. Rinciannya, Cristiano Ronaldo 36 gol (Juventus), Andre Silva 29 gol (Eintracht Frankfurt), Diogo Jota 13 gol (Liverpool), Joao Felix 10 gol (Atletico Madrid), dan Goncalo Guedes 7 gol (Valencia).

Adapun gelandang Portugal melesakkan 98 gol. Gelandang tersubur Portugal pada musim ini adalah Bruno Fernandes dengan 28 gol (Manchester United), kemudian Pedro Goncalves 23 gol (Sporting CP), dan Rafa Silva 20 gol (Benfica).

 

Sedangkan barisan pertahanan Portugal tak kalah produktif. Musim ini 7 bek mereka menyumbang 15 gol. Sang pengoleksi gol terbanyak itu adalah Raphael Guerreiro dengan 6 gol untuk Borussia Dortmund.

Dalam urusan menciptakan umpan matang berujung gol atau assist, gelandang Portugal tak kalah tajam. Dari 10 pemain, total ada 56 assist. Fernandes yang terproduktif dengan 17 assist.

Namun, itu bukan perkara mudah. Sebab, tim asuhan Fernando Santos ini tergabung di grup neraka, Grup F, bersama Prancis, Jerman, dan Hungaria.
Dengan fakta ini tak salah kiranya jika Portugal diyakini bisa menyamai rekor Spanyol. Portugal sangat berpeluang menjadi juara Piala Eropa secara berturut-turut seperti Spanyol pada 2008 dan 2016.

Mengenai hal ini, Santos sangat percaya diri. Bahkan, pelatih yang telah menangani Portugal sejak 2014 ini akan menjadi tim pertama dari Grup F yang lolos ke babak 16 besar.

“Portugal adalah favorit nyata untuk grup ini. Kami akan memastikan kami finis pertama. Saya pikir tujuan Portugal harus lolos ke Euro di tempat pertama dan dengan kepercayaan diri memenangkan turnamen,” kata Santos, dilansir dari FIFA

Tags :