Prancis Terbuka 2021: Serena Tersingkir, Federer Mundur

 

Ambisi Serena Williams menyabet gelar Grand Slam ke-24 pupus setelah menelan kekalahan dua set 3-6, 5-7 dari Elena Rybakina di babak 16 besar Prancis Terbuka, Minggu (6/6) waktu setempat.

Serena sudah berada dalam bahaya sejak Rybakina mengamankan dua servis gim pertamanya tanpa kehilangan satu poin pun. Tekanan berlangsung hingga set kedua, dengan mematahkan servis Serena pada permulaan set kedua.

Serena menjadi petenis putri unggulan lainnya tersingkir dari lapangan tanah liat Roland Garros menyusul Ashleigh Barty, Garbine Muguruza, dan Aryna Sabalenka yang lebih dulu meninggalkan turnamen.

 

Pada hari yang sama, unggulan ke-15 Victoria Azarenka juga tersingkir setelah dikalahkan petenis Rusia Anastasia Pavlyuchenkova.

“Saya benar-benar berusaha untuk memenangkan pertandingan, karena ini adalah musim yang sangat sulit bagi saya di lapangan tanah liat. Meskipun saya menyukai tanah liat, tapi saya seperti terpikir apakah bisa memenangkan pertandingan ini,” ucap Serena seusai laga.

Di sektor putra, mantan petenis nomor satu dunia Roger Federer mengundurkan diri dari Prancis Terbuka 2021 karena khawatir akan cedera yang bisa menghalanginya mempersiapkan diri untuk ajang Wimbledon demi mengincar gelar Grand Slam ke-21.

Keputusan itu diambil Federer jelang pertandingan di babak 16 besar melawan petenis Italia Matteo Berrettini.

“Setelah berdiskusi dengan tim, saya memutuskan harus mundur dari French Open hari ini. Setelah dua operasi lutut dan lebih dari satu tahun rehabilitasi, penting bagi saya untuk mendengarkan tubuh dan tidak terburu-buru kembali ke kompetisi,” tulis Federer.

Federer yang hampir tidak bermain dalam 17 bulan terakhir karena cedera lutut mengalami tekanan fisik dalam kemenangan empat set atas petenis Jerman Dominik Koepfer pada Sabtu (5/6).