Prancis vs Jepang: Duel Hidup-Mati Les Bleus di Olimpiade

Timnas Prancis menjalani laga hidup mati di Olimpiade Tokyo 2020 saat menghadapi Jepang pada laga terakhir Grup A di Stadion Yokohama, Rabu (28/7).
Les Bleus menempati peringkat ketiga klasemen Grup A dalam dua pertandingan dengan meraih 3 poin usai sekali menang atas Afrika Selatan (4-3) dan kalah dari Meksiko (1-4).

Dengan kondisi tersebut Prancis kini berada di posisi ketiga di Grup A di bawah tuan rumah Jepang dan Meksiko. Tim asuhan Sylvain Ripoli itu pun melakoni laga penentuan melawan jepang pada Rabu besok.
Menghadapi Samurai Biru bisa menentukan nasib Prancis, tetap di Olimpiade Tokyo atau pulang lebih awal.

Andre-Pierre Gignac dan kawan-kawan perlu meraih kemenangan besar atas Jepang untuk lolos ke babak perempat final.

Jepang pimpin klasemen Grup A usai dua kali menang. (REUTERS/MOLLY DARLINGTON)
Apabila hanya menang tipis dengan margin satu gol, maka Prancis akan bergantung pada pertandingan lain yang mempertemukan Afrika Selatan vs Meksiko di Stadion Sapporo Dome.

Dengan kemenangan tipis Prancis masih bisa tetap lolos ke babak gugur apabila Meksiko gagal menang melawan Afrika Selatan.

Hanya saja jika Prancis menang telak dengan margin di atas tiga gol, maka Tim Ayam Jantan itu bisa melenggang ke perempat final karena unggul head to head dengan Jepang.

Dalam sejarahnya Prancis pernah meraih medali emas Olimpiade pada edisi 1984 di Amerika Serikat saat mengalahkan Brasil 2-0.

Klasemen Grup A Olimpiade Tokyo
1. Jepang 6
2. Meksiko 3
3. Prancis 3
4. Afrika Selatan 0