Prediksi Line Up Barcelona Tanpa Messi

Kepergian Lionel Messi akan berdampak pada skema permainan Barcelona yang diterapkan pelatih Ronald Koeman pada musim ini.
Untuk kali pertama sejak musim 2004/2005 lini depan Barcelona tanpa sosok Messi. Meski demikian, hilangnya Messi dari skuad Blaugrana akan menguntungkan sejumlah pemain.

Salah satu yang mendapatkan benefit dari kepergian La Pulga dari Camp Nou adalah Antoine Griezmann. Peluang Griezmann tetap jadi andalan Barcelona bisa jadi garansi setelah Messi pindah klub di musim ini.

Sebelumnya dengan kedatangan Sergio Aguero dari Manchester City, diprediksi akan memangkas kesempatan bermain Griezmann pada sepanjang 2021/2022. Pasalnya selain Aguero, Koeman juga merekrut Memphis Depay yang merupakan pemain kesayangannya di timnas Belanda.

Kedatangan Depay dan Aguero dikabarkan akan membuat lini depan Barcelona diisi tiga pemain, termasuk Messi. Dengan begitu Griezmann akan kehilangan tempat.

Antoine Griezmann akan dapat keuntungan dari hengkangnya Lionel Messi dari Barcelona. (REUTERS/ALBERT GEA)
Hanya saja situasi kini berubah. Messi pergi dan Griezmann memiliki kesempatan besar jadi starter di lini serang klub asal Catalunya tersebut.
Tanpa Messi, Barcelona tetap akan memainkan tiga penyerang di lini depan dengan formasi 4-3-3. Tiga pemain depan itu akan diisi Memphis Depay, Sergio Aguero, dan Antoine Griezmann.

Sedangkan tiga pemain di lini tengah kemungkinan besar jadi milik Pedri Gonzalez, Frenkie de Jong, dan Sergio Busquets. Pedri akan bertugas membantu serangan, sementara De Jong sebagai gelandang box to box sekaligus pengatur alur bola dan juga ritme permainan Barcelona.
Posisi gelandang bertahan tetap ditempati Busquets yang juga menjaga keseimbangan Barcelona baik dalam menyerang maupun bertahan.

Kehadiran Eric Garcia pada musim ini yang datang dari Man City secara gratis akan membuat perubahan di sektor pertahanan Barcelona. Garcia yang tampil starter bersama timnas Spanyol di Euro 2020 bisa diduetkan dengan Gerard Pique.

Bek anyar Emerson Royal akan bersaing dengan Sergino Dest dan juga pemain senior Sergi Roberto di posisi bek kanan. Sedangkan bek kiri tetap jadi milik Jordi Alba.

Marc-Andre Ter Stegen juga belum tergoyahkan sebagai kiper utama sekaligus andalan di bawah mistar raksasa Liga Spanyol ini.

Prediksi Line Up Barcelona Tanpa Lionel Messi:
Kiper: Marc-Andre Ter Stegen
Belakang: Emerson Royal, Gerard Pique, Eric Garcia, Jordi Alba
Tengah: Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri Gonzalez
Depan: Antoine Griezmann, Sergio Aguero, Memphis Depay