Presiden Arema FC Diperiksa Sebagai Saksi Terkait Tragedi Kanjuruhan

Tim penyidik gabungan dari Bareskrim Polri dan Polda Jatim kembali memeriksa beberapa saksi dalam tragedi Kanjuruhan Malang.

Presiden Arema FC Gilang Widya Pramana menyampaikan keterangan kepada wartawan di Sekretariat Arema FC, Malang, Jawa Timur, Senin (3/10/2022).

Enam tersangka dalam kasus ini sudah ditahan di Mapolda Jatim. Namun, penyidikan masih terus berjalan.

Rencananya ada sekitar 15 saksi yang akan diperiksa besok, Kamis (27/10). Salah satu saksi yang dihadirkan yakni Presiden Arema FC Gilang Widya Pramana.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto membenarkan kabar rencana pemeriksaan 15 saksi dalam tragedi Kanjuruhan.

Namun, ia tak menjelaskan siapa saja 15 saksi yang akan diperiksa selain Presiden Arema FC tersebut.

“Kamis rencananya pemeriksaan 15 saksi, di antaranya Presiden Arema FC,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (26/10).

Dalam kasus ini, Polda Jatim telah menyerahkan berkas perkara tahap satu kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim) sebanyak 3 berkas.

Presiden Arema FC Gilang Widya Pramana menangis saat menyampaikan keterangan kepada wartawan di Sekretariat Arema FC, Malang, Jawa Timur, Senin (3/10/2022). Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto© Disediakan oleh Kumpara

Berkas pertama yakni tersangka Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita, berkas kedua Ketua Panpel Arema Arema FC Abdul Haris dan Security Officer Suko Sutrisno, serta berkas ketiga yakni tersangka tiga polisi.

Tiga polisi itu di antaranya Danki III Brimob Polda Jatim AKP Hasdarmawan, Kabag Ops Polres Malang Wahyu Setyo Pranoto, dan Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi.

Dalam berkas perkara tersebut, seluruh tersangka disangkakan dengan pasal yang sama, yakni Pasal 359 KUHP dan atau Pasal 360 KUHP dan atau Pasal 103 ayat (1) Jo pasal 52 UU RI no 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan.

“Hari ini penyidik Ditreskrimum Polda Jatim setelah bekerja marathon selama kurang lebih 25 hari berhasil menuntaskan berkas perkara untuk tahap 1. Dan hari ini sebanyak 3 berkas kita serahkan kepada tim dari Kejaksaan Tinggi,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto.