Presiden La Liga Harap Messi Bertahan, Tapi Tak Sepenting Itu

 

Presiden La Liga Javier Tebas mengatakan bahwa Lionel Messi bukanlah faktor utama keberhasilan La Liga meski ia berharap Messi mengakhiri karier di kompetisi tersebut.

Masa depan Messi memang jadi satu hal yang dinanti di akhir musim ini. Kontrak Messi dengan Barcelona berakhir dan sejauh ini belum ada sinyal perpanjangan kontrak.

Menanggapi situasi tersebut, Tebas menganggap situasi yang ada tidak terlalu krusial. Kehadiran Messi bukan penentu tunggal terhadap popularitas La Liga.

 

“Saya ingin Messi di La Liga, seperti halnya saya menginginkan Mourinho, Guardiola, Klopp, Cristiano [Ronaldo]… Mereka semua membantu La Liga tumbuh.”

Barcelona's Lionel Messi, center, is stopped by Ferencvaros players during the Champions League group G soccer match between FC Barcelona and Ferencvaros at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Tuesday, Oct. 20, 2020. (AP Photo/Joan Monfort)Lionel Messi merupakan bintang utama La Liga lebih dari satu dekade terakhir. (AP/Joan Monfort)

“Namun bukan sebuah hal penting yang mendasar. Mereka semua tidak sepenting seperti yang publik katakan. Neymar juga pergi. Strategi memang dibutuhkan, pemain yang membantu hal itu, namun pemain tidaklah jadi kepentingan mendasar,” ucap Tebas seperti dikutip dari AS.

Meski demikian, Tebas tetap berharap Messi bisa bertahan di La Liga.

“Kami sudah mendapatkan kesepakatan untuk empat tahun ke depan hampir di semua wilayah.”

“Itu [Kepergian Messi] mungkin bisa mempengaruhi sponsorship, namun kami terus bekerja keras demi merek La Liga dan kami tidak akan terpengaruh hal itu. Saya sendiri berharap Messi, pemain terbaik yang pernah ada, mengakhiri karier di sini,” kata Tebas.

Messi sempat mengutarakan keinginan untuk pindah pada akhir musim lalu berdasar klausul yang ia percaya. Namun lantaran Barcelona tidak memberikan izin karena menganggap klausul telah kadaluarsa, Messi mengurungkan niat tersebut. Messi tak ingin bermasalah dengan Barcelona hingga pengadilan.

Di akhir musim nanti, Messi bisa melenggang dengan bebas karena kontraknya telah berakhir.Status bebas transfer Messi tentu jadi daya tarik klub lain meski mereka harus siap mengeluarkan dana besar untuk gaji Messi.