PSSI Beberkan Rencana Pelatnas Timnas Indonesia di Sisa 2021

PSSI menetapkan pemusatan latihan Timnas U-19 sebagai program pertama Shin Tae Yong setelah menggelar rapat Road Map Timnas Indonesia di Jakarta pada Kamis (27/8).
Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, agenda pertama yang akan dilakukan pelatih asal Korea Selatan itu adalah pemusatan latihan Timnas U-19. Tim inilah yang diproyeksi tampil di Piala Dunia U-20 2022.

“PSSI merancanakan segera pemusatan latihan Timnas U-19, mungkin minggu-minggu ini. Jadi kita mulai pembentukan tim nasional U-18 untuk World Cup U-20 2022,” kata Indra kepada CNNIndonesia.com, Jumat (28/8).

“Ini untuk kelahiran 2003, 2004, dan 2005. Mereka ini kami ambil dari data-data yang ada di PSSI, seleksi Asprov, Garuda Select, Timnas U-16 yang diasuh Bima Sakti,” ucap Indra menambahkan.

Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 ini menjelaskan, akan ada dua tahapan pemusatan latihan pada September. Namun, Indra menegaskan, ini bukan seleksi melainkan sudah masuk tahapan latihan.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2022, setelah edisi 2020 dibatalkan oleh FIFA karena pandemi Covid-19. Jika tak ada kendala agenda ini akan berlangsung pada Juni 2022.

Shin Tae Yong akan membentuk Timnas Indonesia U-19 lebih dulu sebelum mengasah tim senior. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Indra menjelaskan, sejauh ini belum ada agenda uji coba internasional atau pemusatan ke luar negeri. Selama 2021 ini Timnas U-19 akan fokus menjalani latihan di dalam negeri dengan konsep sepak bola yang dianut Shin.

“Kalau untuk TC [ke luar negeri, timnya baru kita bentuk bagaimana mau TC ke luar negeri. Belum ada agenda untuk TC ke luar negeri. baru dibikin program sampai Desember 2021,” kata Indra.

Selanjutnya untuk Timnas Indonesia yang akan tampil di babak Play Off Piala Asia 2023 melawan Taiwan, akan dibentuk setelah ada surat putusan dari AFC, konfederasi sepak bola Asia, soal waktu pertandingan.

PSSI dan federasi sepak bola Taiwan sepakat untuk memundurkan waktu pertandingan dari 7 September ke Oktober. Keputusan bersama ini sudah diajukan tetapi belum ditetapkan.

“Kalau yang senior satu-satulah. Kenapa harus senior. Kan, sekarang masih kompetisi. Kalau untuk yang senior kan pertandingan diundur [play off Piala Asia 2023 melawan Taiwan dari September ke Oktober],” ujar Indra.

“Surat resminya dari AFC belum. Kalau jadi mundur kan otomatis pemusatan latihan mundur. Ya ditunggu surat resminya baru bisa diumumkan,” ucap pelatih asal Sumatera Barat tersebut.
Secara umum, kata Indra, road map sepak bola Indonesia yang dibahas Shin bersama Indra untuk tiga kategori, menyesuaikan agenda terdekat.

“Ya, kami akan jalani semua program tiga agenda pada 2021 ini. Pertama U-18 dulu, setelah itu U-23, baru setelah itu yang senior untuk AFF. Sekarang U-18 dulu, yang senior nanti. Satu-satu,” ucap Indra.

“Jadi fokus kegiatannya U-18, habis itu play off Piala Asia, terus U-23, baru setelahnya program untuk Piala AFF. Itu pun kalau sesuai schedule. Apa respons PSSI, ya kita mendukung road map dari Shin Tae Yong,” ujarnya memungkasi.