PSSI dan LIB Bahas Subsidi Klub Liga 1 Pekan Ini

 

PSSI dan operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru (LIB) direncanakan menggelar rapat membahas soal sponsor dan subsidi untuk klub Liga 1 dan Liga 2 pekan ini.

Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengatakan pihaknya masih menantikan usulan dan masukan dari klub-klub peserta Liga 1 dan Liga 2 sampai Kamis (10/6).

“Kami rencananya mau menggelar rapat bersama PSSI minggu ini. Bahasannya terkait masukan-masukan, regulasi, format terbaik bagaimana, kewajiban dan hak LIB maupun klub,” kata Hadian Lukita melalui sambungan telepon kepada CNNIndonesia.com, Senin (7/6).

“Subsidi juga belum kami tentukan. Kami kan hitungannya akomodasi dan transportasi, dalam waktu dekat akan kami putuskan. Itu juga akan masuk dalam pembahasan rapat bersama PSSI, nanti akan diputuskan bareng,” imbuhnya.

Sebelumnya LIB telah meminta kepada klub-klub untuk memberikan masukan terkait penyelenggaraan kompetisi pada saat virtual meeting yang digelar Kamis (3/6). Beberapa klub baik di Liga 1 maupun Liga 2 disebut telah memberikan masukan.

Misalnya respons dari Persiba Balikpapan dan Tiga Naga, klub yang bertanding di kompetisi Liga 2. Tim Beruang Madu menolak kompetisi Liga 2 yang terbagi menjadi empat grup dengan konsekuensi delapan tim akan terdegradasi dalam waktu singkat.

Menurut Presiden klub Persiba, Gede Widiade hal itu tidak sepadan dengan masa persiapan tim dan pendanaan yang dikeluarkan klub. Selain itu, Persiba menyebut perlakukan LIB ke Liga 1 dan Liga 2 soal kompetisi seolah-olah menganaktirikan Liga 2.

Menanggapi hal itu, Hadian Lukita menyebut masukan-masukan yang diberikan klub-klub nantinya juga akan masuk dalam pembahasan untuk kemudian dicarikan solusi terbaik. Ia mengakui jika masukan-masukan itu merupakan sesuatu yang berharga di tengah situasi dan kondisi yang belum kondusif pandemi Covid-19.

“Saya ingin secepatnya manager meeting tapi kita lihat situasi dan kondisi. Mudah-mudahan pekan depan, tinggal menunggu saja,” ujar Hadian Lukita.Setelah rapat pembahasan bersama PSSI, LIB juga rencananya bakal menggelar pertemuan tatap muka kembali bersama klub-klub peserta Liga 1 dan Liga 2 pekan depan atau managers meeting. Namun, Hadian Lukita mengatakan hal itu belum dapat dipastikan LIB.