Putin Kumpulkan Jenderal Rusia Usai Gempur Ukraina Habis-habisan

TEMPO.COJakarta – Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengadakan pertemuan ekstensif dengan petinggi militer Rusia yang terlibat dalam perang Ukraina. Pertemuan dilakukan usai Rusia menggempur habis-habisan Ukraina pada Jumat, 16 Desember 2022.

“Pada hari Jumat, Presiden Putin menghabiskan sepanjang hari sebagai staf militer yang terlibat dalam operasi militer khusus di Ukraina,” kata sebuah pernyataan.

Putin mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Kepala Staf Umum Valery Gerasimov. Mereka mengadakan diskusi terpisah dengan para komandan dari berbagai cabang pertahanan.

“Saya ingin mendengar proposal Anda tentang tindakan kami dalam jangka pendek dan menengah,” kata Putin dalam pertemuan tersebut yang disiarkan oleh televisi pemerintah Rusia.

Putin menghabiskan sepanjang hari pada Jumat di markas gugus tugas, menurut juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada kantor berita Interfax. Tidak ada rincian lain tentang kunjungan Putin tersebut.

Rusia meluncurkan serangan rudal pada Jumat di beberapa kota di Ukraina. Akibat serangan Rusia besar-besaran itu, sebagian besar wilayah Ukraina dalam keadaan gelap. Infrastruktur memangkas sambungan air dan panas, serta memaksa orang bertahan dalam kondisi minim dengan suhu di bawah nol.

Setelah serangkaian kekalahan medan perang yang memalukan, Rusia sejak Oktober telah melakukan serangan udara terhadap fasilitas militer Ukraina. Prancis dan Uni Eropa mengatakan penderitaan yang ditimbulkan oleh serangan Rusia terhadap warga sipil itu merupakan kejahatan perang.