Quartararo Samai Rekor Marquez Usai Pole di MotoGP Catalunya

Fabio Quartararo berhasil menyamai rekor Marc Marquez setelah memastikan bakal start paling depan di MotoGP Catalunya, Minggu (6/6).

Marquez mengukir catatan waktu terbaik 1 menit 38,853 detik. Ia mengungguli Jack Miller dan Johann Zarco yang akan start dari posisi kedua dan ketiga di Sirkuit Catalunya.

Hasil itu membuat Quartararo mengukir catatan lima kali pole position secara beruntun. Ia melakukannya di Portugal, Spanyol, Prancis, Italia, dan kini di Catalunya.

Quartararo pun jadi pembalap pertama yang bisa melakukannya setelah Marquez. The Baby Alien lebih dulu mengukir rekor itu di MotoGP 2014.

Setelah memastikan posisi paling depan, Quartararo membidik misi selanjutnya yakni meraih juara seri untuk kali keempat musim ini. Peluang bagi Quartararo kembali jadi yang terbaik terbuka mengacu performa sejak sesi tes bebas pertama (FP1).

Quartararo saat ini menempati posisi teratas klasemen pembalap MotoGP 2021. Pembalap asal Prancis itu mengoleksi 105 poin dari enam seri yang sudah berlangsung.Posisi terburuk Quartararo yakni hanya menempati posisi keenam di FP1 MotoGP Catalunya. Di luar itu, El Diablo tak pernah keluar dari posisi tiga besar di sesi tes bebas berikutnya dan ditutup dengan pole position saat kualifikasi.

Quartarararo unggul 24 poin atas Zarco yang menempati posisi kedua. Sementara posisi ketiga ditempati Francesco Bagnaia dengan raihan 79 poin.

Live streaming MotoGP Catalunya bisa disaksikan di CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung balapan dapat ditonton di Trans7.