Raih Emas, Portugal Tempel Indonesia di Klasemen Olimpiade

Portugal menempel Indonesia di klasemen medali Olimpiade Tokyo seiring keberhasilan mereka meraih emas di cabang lompat jangkit.
Pedro Pichardo berhasil jadi yang terbaik dengan catatan 17,98 meter dalam laga yang digelar Kamis (5/8). Ia unggul atas Zhu Yaming dari China dan Hugues Fabrice Zango dari Burkina Faso.

Emas dari Pichardo itu mengangkat posisi Portugal ke peringkat 45 dalam klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020. Portugal saat ini mengoleksi 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Perak Portugal juga diberikan dari cabang lompat jangkit yaitu lewat Patricia Mamona di nomor putri. Sedangkan dua perunggu Portugal hadir lewat Fernando Pimenta di cabang kayak 1000 meter dan Jorge Fonseca di judo.

Indonesia saat ini ada di posisi ke-43 dalam daftar klasemen medali Olimpiade Tokyo. Indonesia sejajar dengan Austria yang sama-sama mengoleksi 1 emas, 1 perak, dan 3

Dalam Olimpiade Tokyo kali ini, Menpora Zainudin Amali menyatakan bahwa target Indonesia adalah meraih peringkat lebih baik dibandingkan Olimpiade sebelumnya. Di Olimpiade Rio de Janeiro, Indonesia ada di posisi ke-46.

Bila berbicara bobot medali, pencapaian Indonesia di Rio de Janeiro lebih baik lewat torehan 1 emas dan 2 perak.
Di Olimpiade Tokyo 2020, emas Indonesia diberikan oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu sedangkan perak dibukukan oleh Eko Yuli Irawan.

Tiga medali perunggu Indonesia masing-masing diraih oleh Windy Cantika Aisah, Rahmat Erwin Abdullah, dan Anthony Ginting.

Seluruh atlet Indonesia sudah menyelesaikan pertandingan di Olimpiade Tokyo sehingga tak ada lagi peluang bagi Indonesia untuk menambah medali.