Rapor Belgia Tanpa Hazard-De Bruyne Jelang Lawan Italia

 

Rapor Belgia tanpa Eden Hazard dan Kevin de Bruyne di turnamen resmi tetap mengagumkan. Hazard dan De Bruyne masih terancam tampil melawan Italia di perempat final Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Allianz Arena, Sabtu (3/7) dini hari waktu Indonesia.

Kondisi Hazard dan De Bruyne jelang lawan Italia belum jelas. Hazard cedera hamstring sedangkan De Bruyne cedera pergelangan kaki saat lawan Portugal. Sejauh ini keduanya dikabarkan kemungkinan tidak bisa bermain pada pertandingan krusial di perempat final.

Meski demikian, pelatih Roberto Martinez tidak perlu terlalu pusing apabila Hazard dan De Bruyne benar-benar absen melawan Italia.

 

Rapor menyebutkan, sejumlah pertandingan Belgia turnamen resmi tetap positif meski tidak diperkuat De Bruyne dan Hazard.

Di Piala Dunia 2014, Belgia menang 1-0 atas Korea Selatan pada fase grup. Saat itu De Bruyne dicadangkan pelatih Marc Wilmots dan Belgia menang lewat gol tunggal Jan Vertonghen.

Pada ajang Piala Dunia 2018, melawan Inggris jadi satu-satunya momen The Red Devils tidak diperkuat Hazard dan De Bruyne dalam satu pertandingan. Kendati demikian, Belgia tetap gemilang dan menang berkat gol Adnan Januzaj.

Sementara itu, di turnamen UEFA Nations League, Belgia 6 kali ditinggal Eden Hazard, dan 6 kali tanpa Kevin de Bruyne.

 

Belgium's Kevin De Bruyne. Left, is tackled by Finland's Glen Kamara during the Euro 2020 soccer championship group B match between Finland and Belgium at Saint Petersburg Stadium in St. Petersburg, Russia, Monday, June 21, 2021. (Anatoly Maltsev/Pool Photo via AP)Kevin De Bruyne sudah absen satu kali di Euro 2020. (AP/Anatoly Maltsev)

Dalam 6 pertandingan tanpa Hazard, Belgia menang 5 kali dan 1 kali kalah saat melawan Inggris, 1-2. Sedangkan ketika ditinggal De Bruyne, Belgia tetap menang dalam 6 laga tersebut.

Selain itu, belum lama ini Belgia juga tidak diperkuat De Bruyne saat melakoni laga pertama di Euro 2020. Melawan Rusia di partai pembuka, Belgia menang 3-0 di fase grup.

 

Duel Belgia vs Italia di perempat final Euro 2020 nanti akan jadi pertemuan kelima bagi kedua tim di putaran final turnamen utama. Sebelumnya Belgia dan Italia bertemu di Piala Dunia 1954, dan tiga laga Euro: 1980, 2000, dan 2016. Dalam empat laga itu Belgia tidak pernah menang, 3 kali kalah dan 1 kali imbang.