Rayakan Tahun Baru 2023, Warga Jakarta Penuhi Setu Babakan

TEMPO.COJakarta – Ratusan warga memenuhi Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, untuk menikmati acara Malam Tahun Baru 2023 pada Sabtu malam, 31 Desember 2022.

Acara yang digagas Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Jakarta Selatan (Jaksel) ini mendapat antusiasme tinggi masyarakat meski pada sore hari sempat turun hujan.

Kepala Sudin Parekraf Jakarta Selatan Rus Suharto mengatakan acara di Setu Babakan ini sebagai hiburan kepada masyarakat setelah selama ini berada dalam keadaan pandemi, terlebih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut.

“Masyarakat yang selama ini tidak bisa menyaksikan hiburan seni pertunjukan, dengan adanya tahun baru diperbolehkan, PPKM sendiri dicabut, mereka bisa menyaksikan seni pertunjukan,” ujar Rus di Jakarta dikutip dari Antara.

Acara Malam Tahun Baru 2023 ini diisi dengan penampilan oleh sejumlah artis ternama, pagelaran seni budaya Betawi serta bazar UMKM Jakpreneur.

Salah satu pengunjung, Roni, 55 tahun, asal Mampang mengaku senang bisa menyaksikan kembali kesenian Betawi, selain dapat menikmati kuliner asli Betawi. “Malam tahun baru sebelumnya saya juga di sini bersama keluarga. Karena di sini kan juga banyak kuliner Betawi-nya,” katanya.

Ada juga Marni, 38 tahun, warga Cilandak yang mengatakan, sudah kedua kalinya berkunjung ke Setu Babakan untuk merayakan malam tahun baru. “Tadinya saya mau ke Puncak, tapi berhubung cuacanya kurang bagus, saya cari yang dekat saja untuk menunggu malam pergantian tahun,” ujarnya.

Seni pertunjukan Betawi yang tampil di antaranya musik gambang kromong, hadroh, keroncong, rebana biang, tarian Betawi, Jazz Betawi, musik religi dan lagu-lagu Betawi kontemporer.

Sedangkan artis ternama yang menghibur di antaranya Cici Paramida, Ratna Listy and Friends, Yuyun George and Friends, Devian Zikri Band, Gambang Kromong Hj. Tonah dan masih banyak lagi.

Acara berlangsung pada Sabtu 31 Desember pukul 09.00 pagi hingga Ahad, 1 Januari pukul 01.00 malam.