Renan Silva Mau Bela Timnas Indonesia, Rela Tolak Tawaran Klub Luar Negeri

Renan Silva, pemain asing yang kini berada di kubu Madura United, menyatakan ingin dinaturalisasi demi bisa membela Timnas Indonesia. Gelandang serang kelahiran Brasil itu sampai rela menolak tawaran klub luar negeri.

“Ada satu klub dari Thailand, dari Malaysia, dan Uni Emirat Arab yang tawar saya. Namun, saya pilih Madura United,” katanya di kanal YouTube resmi Madura United.

“Saya rencana pengin naturalisasi Indonesia, pengin bantu Timnas, ya, saya senang ada di sini, Indonesia,” lanjut pemain 33 tahun itu.

Silva pertama kali main di Indonesia pada 2018. Awalnya, ia bermain untuk Persija Jakarta, lalu hengkang ke Borneo FC pada 2019. Membela ‘Pesut Etam’, ia menjadi pemain terbaik Liga 1 2019 dan masuk Team of the Season 2019.

Renan Silva bersama Madura United. Foto: Twitter/@MaduraUnitedFC

Naturalisasi secara umum diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 2006. Untuk pemain yang tidak punya darah keturunan Indonesia, ia mesti tinggal di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut.

Dengan begitu, Renan Silva akan mengikuti cara pemain-pemain asing yang sudah pernah dinaturalisasi. Salah satu contohnya adalah Cristian Gonzales. Nah, Silva berarti harus menunggu sampai 2023 untuk bisa dinaturalisasi.

Silva sebelumnya menjadi bagian dari Bhayangkara FC selama 2020-2021. Kini, untuk mengarungi putaran kedua Liga 1 2021/22, pemain 33 tahun tersebut memutuskan untuk bergabung dengan Madura United.

“Saya senang ada di sini dengan keluarga Madura [United]. Saya yakin sukses di sini. Saya pilih Madura karena pelatih dan proyek yang ditawari ke saya,” jelas Renan.

Bicara soal target, Renan Silva bertekad ingin menjadi juara bersama Madura United. Namun setidaknya, ia ingin tim bisa menembus 5 besar Liga 1.