Rossi Nyaris Podium MotoGP Austria: Andai Lap Lebih Sedikit

Valentino Rossi memiliki sedikit rasa sesal usai balapan di MotoGP Austria karena kesempatan untuk naik podium melayang.
Rossi sebenarnya meraih hasil bagus pada MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (15/8) malam WIB. The Doctor mengukir catatan finis terbaik di MotoGP 2021 dengan menempati posisi kedelapan.

Posisi itu jauh lebih baik ketimbang posisi start di awal balapan. Hasil buruk di babak kualifikasi membuat Rossi harus start dari posisi ke-18.

Rossi kemudian mendapat berkah dengan turunnya hujan mendekati akhir balapan. Di lap ke-27, pembalap berusia 42 itu sempat menempati posisi ketiga di belakang Brad Binder (KTM) dan Aleix Espargaro (Aprilia).

Rossi bisa menempati posisi tersebut karena memilih tetap balapan dengan ban kering meski hujan turun. Sayangnya, posisi untuk bisa naik podium itu tak mampu dipertahankan hingga balapan usai yang berlangsung dalam 28 lap.

“Andai saja di sana [balapan di MotoGP Austria] satu lap lebih sedikit saya akan berada di podium. Itu akan terasa menyenangkan,” ujar Rossi dengan senyum lebar dalam sesi wawancara setelah balapan seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.

Rossi awalnya dilewati oleh rekan setim Binder, Iker Lecuona. Pembalap yang akan pensiun usai MotoGP 2021 itu kemudian turun ke posisi kelima karena dilewati oleh sang adik, Luca Marini.

Posisi Rossi terus melorot memasuki lap terakhir seiring melesatnya duo Ducati, Francesco Bagnaia dan Jorge Martin yang sudah memakai ban basah. Rossi yang semula sempat berada di posisi ketiga akhirnya finis di posisi kedelapan.

Hasil itu membuat Rossi masih harus berjuang untuk meraih podium ke-200 sepanjang kariernya. Harapan untuk mewujudkan masih ada untuk Rossi di tujuh seri tersisa MotoGP 2021.