Rumor Liar Bursa Transfer MotoGP: Vinales dan Rossi ke Mana?

Rumor kepindahan pembalap di paruh musim MotoGP 2021 cukup liar menyusul keputusan Maverick Vinales meninggalkan tim pabrikan Yamaha akhir musim ini.
Paruh musim MotoGP biasanya diisi dengan rumor kepindahan pembalap atau biasa disebut silly season. Total masih ada tujuh kursi pembalap yang lowong untuk MotoGP 2022.

Tahun ini rumor bursa transfer pembalap semakin menarik karena keputusan Vinales meninggalkan Yamaha. Pembalap asal Spanyol itu memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan Yamaha lebih cepat karena tidak senang dengan perlakuan tim pabrikan asal Jepang itu.

Keputusan Vinales membuat sejumlah tim dihubungkan dengan pembalap 26 tahun itu. Aprilia menjadi tim yang semula dikabarkan akan menjadi tim baru Vinales di MotoGP 2022.

Maverick Vinales diperebutkan sejumlah tim. (Dorna Sports)
Pihak Aprilia sudah menyatakan tertarik dengan Vinales. Mantan pembalap Suzuki itu akan menggantikan posisi Lorenzo Savadori yang kontraknya berakhir musim ini. Vinales akan berduet dengan Aleix Espargaro jika menerima pinangan Aprilia.

Namun, bukan hanya Aprilia yang mengincar Vinales. Ada rumor yang menyebut Suzuki tertarik merekrut Vinales meski sudah memiliki duet Alex Rins dan Joan Mir musim depan.

Spekulasi itu muncul setelah Rins dikabarkan menjadi salah satu pembalap incaran Petronas Yamaha, yang berpeluang kehilangan Valentino Rossi dan Franco Morbidelli sekaligus pada akhir MotoGP 2021.

Jika Rins pergi ke Petronas Yamaha maka Vinales punya peluang besar kembali ke Suzuki, tim yang diperkuatnya pada MotoGP 2015 dan 2016.

Morbidelli menjadi kandidat kuat pengganti Vinales di tim pabrikan Yamaha musim depan. Sementara Rossi hampir pasti tidak memperpanjang kontrak dengan Petronas Yamaha.