Satu Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Perlihatkan Gulungan ke Ketua RT: Ada Mantra-mantra

TEMPO.COJakarta – Ketua RT 07 Kelurahan Kalideres Tjong Tji Kian alias Asiung menyaksikan polisi mengambil gulungan mantra dari rumah satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. Bentuk gulungan mantra yang menjadi barang bukti itu, tutur dia, berupa kain putih yang tampak memudar. 

“Di situ ditemukan, cuma saya enggak melihat jelas. Dikeluarkanlah beberapa mantra sama anggota, ada kain putih,” tutur dia saat dihubungi, Jumat malam, 2 Desember 2022.

Sebelumnya, empat jenazah ditemukan tewas di dalam rumah Blok AC5/7 Perumahan Citra Garden 1 Extension, Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis, 10 November 2022. Mereka yang meninggal adalah Rudyanto Gunawan (laki-laki 71 tahun), Renny Margaretha Gunawan (perempuan 68 tahun), Dian Febbyana Apsari Dewi (perempuan 42 tahun), dan Budyanto Gunawan (laki-laki 68 tahun).

Asiung menuturkan polisi menemukan kain berukuran kurang lebih sekitar 5×15 sentimeter ini di tempat kejadian perkara (TKP) pada Minggu, 27 November 2022. Dia menyaksikan langsung proses olah TKP ini, tapi tidak melihat dengan jelas tulisan atau gambar pada kain mantra.

“Ditemukan mantra, dikasih liat tuh ‘Pak RT, tuh ada mantra-mantra’,” kata Asiung sambil menirukan pernyataan seorang penyelidik yang memperlihatkan gulungan mantra kepadanya.

Laki-laki 57 tahun itu menduga mantra tersebut berhubungan dengan kepercayaan satu keluarga yang tewas di Kalideres. Namun, belum dipastikan apakah itu berhubungan dengan tradisi keluarga besar atau tidak.

Menurut Asiung, dirinya juga pernah memiliki gulungan mantra berupa kain merah yang dipercaya sebagai penangkal bala. Hal ini merupakan kepercayaan turun-temurun dari adat Cina.

“Kalau menurut saya wajar-wajar saja, tapi itu kan warna putih. Kalau mertua saya dulu warna merah, di Tionghoa warna merah. Kurang tahu kalau kebiasaan putih itu,” jelas dia.

Polisi, Asiung melanjutkan, juga membawa sejumlah barang bukti lain yang diambil dari lemari kamar Rudyanto Gunawan. Dia tak mengetahui persis jenis barang tersebut.