Selamatkan Eriksen, Tim Medis dan Kjaer Raih Penghargaan UEFA

Tim medis dan kapten timnas Denmark Simon Kjaer menerima UEFA President’s Award usai selamatkan nyawa Christian Eriksen di Euro 2020.
Dikutip dari Sky Sports, UEFA menyebut penghargaan tersebut sebagai tanda penghormatan atas kontribusi vital mereka yang bereaksi cepat membantu Eriksen.

Selain Simon Kjaer, tim medis yang menerima President Award itu adalah: Morgen Kreutzfeldt (kepala tim medis), Frederik Flensted (manajer medis stadion), Anders Boesen (dokter darurat lapangan), Peder Ersgaard (paramedis), Jens Kleinefeld dan Valentin Velikov sebagai petugas medis dari UEFA, serta tiga tim medis timnas Denmark, Morten Skjoldager dan Morten Boesen.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin menilai President’s Award tahun ini melebihini nilai-nilai dalam sepak bola.

“Ini berfungsi sebagai pengingat yang penting dan abadi tentang betapa berharganya hidup serta menempatkan segala sesuatu dalam hidup kita dalam perspektif yang paling jelas,” ujar Ceferin.

Christian Eriksen sudah kembali ke Inter Milan. (AP/Luca Bruno)
“Saya juga ingin mengirimkan harapan terbaik kepada Christian Eriksen dan keluarganya saat dia melanjutkan pemulihan,” ucap Ceferin menambahkan.

Sementara itu, Eriksen yang kembali ke Inter Milan menjalani tes guna mengetahui kelanjutan karier di Liga Italia mengaku berterima kasih kepada tim medis yang terlibat.

“Anda melakukan pekerjaan yang fantastis dan menyelamatkan hidup saya. Juga terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman dan kapten saya Simon dan rekan satu tim saya di tim Denmark atas dukungan Anda, baik pada 12 Juni dan sesudahnya,” kata Eriksen.

“Terima kasih kepada semua penggemar yang telah mengirim pesan kepada saya dan keluarga saya. Itu sangat berarti dan telah memberi kami kekuatan dan dukungan. Terima kasih,” tutur Eriksen melanjutkan.

Eriksen pingsan di pengujung babak pertama laga Denmark vs Finlandia di fase grup Euro 2020. Tim medis segera memberikan bantuan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) dan sefibrilator sebelum ditandu dan dibawa ke rumah sakit.

Tags :