Smith Rowe dan Bukayo Saka, Dua Meriam Muda Arsenal

Arsenal perlahan meninggalkan papan bawah klasemen Liga Inggris. Emile Smith Rowe dan Bukayo Saka jadi pemain penting dalam momen bangkit dari keterpurukan.

readyviewed Dalam pertandingan Arsenal terkini, menghadapi Newcastle United, Selasa (19/1) dini hari WIB, Smith Rowe dan Saka terlibat dalam gol kedua. Smith Rowe memberi umpan kepada Saka yang membobol gawang Newcastle.

Nama Smith Rowe baru mulai muncul jadi perbincangan pada musim ini. Sebelumnya Arsenal meminjamkan pemain berposisi gelandang serang ini ke RB Leipzig dan Huddesfield Town.

Pemuda 20 tahun asal London itu sempat mengalami cedera pada awal musim ini. Smith Rowe kemudian tampil apik di ajang Liga Europa. Kendati demikian tidak otomatis mendapat tempat di Liga Inggris. Baru menjelang akhir tahun Mikel Arteta mempercayakan Smith Rowe bermain.

Jebolan akademi Arsenal itu kemudian dipercaya memainkan peran sebagai pemain nomor 10 ketika melawan Chelsea yang berakhir dengan kemenangan The Gunners.

Arsenal players celebrate after Arsenal's Pierre-Emerick Aubameyang, second left, scored his side's opening goal during the English Premier League soccer match between Arsenal and Newcastle United at Emirates Stadium in London, England, Monday, Jan.18, 2021. (Shaun Botterill/Pool via AP)Arsenal sedang berada dalam momen positif. (Shaun Botterill/Pool via AP)

Musim ini Smith Rowe mulai mendapat banyak menit bermain. Total sudah 861 menit Rowe mengenakan jersey Arsenal yang terbagi dalam 14 laga di seluruh kompetisi. Kontribusi Smith Rowe pun cukup apik dengan lima gol dan lima assist.

Bahkan mantan pemain Man Utd yang kini menjadi komentator, Gary Neville, menyebut Smith Rowe memiliki kemampuan seperti Robert Pires yang merupakan salah satu pemain kunci Arsenal di tahun 2000-an.

Jika Smith Rowe baru naik daun, Saka lebih dulu mendapat kesempatan tampil di tim utama Arsenal setelah ‘lulus’ dari tim junior, tepatnya pada 2018/2019.

Hanya bermain satu kali di musim debut, Saka kemudian mendapat kepercayaan tampil 38 kali pada musim 2019/2020. Kemampuan bermain di berbagai posisi membuat Saka mudah mendapat kesempatan.

Musim ini saja Saka sudah ditempatkan di posisi bek kiri, gelandang kiri, gelandang tengah, gelandang serang, hingga penyerang sayap kiri dan kanan.

Jelang separuh kompetisi musim 2020/2021, Saka sudah dipercaya tampil dalam 21 laga dan mencetak empat gol. Jumlah gol Saka musim ini sudah sama seperti musim lalu.

Smith Rowe dan Saka bahkan memaksa pemain-pemain senior seperti Pepe dan Willian duduk di bangku cadangan.

Dengan kehadiran Smith Rowe dan Saka bukan tidak mungkin meriam Arsenal akan kembali berdentum dan mengguncang papan atas Liga Inggris
.