Southgate Sempat Bingung Soal Kontroversi 2 Bola di Lapangan

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menanggapi kontroversi dua bola yang ada di lapangan sebelum Raheem Sterling dilanggar Joakim Mahele yang menyebabkan penalti untuk Inggris di laga semifinal Euro 2020 (Euro 2021). Keputusan wasit memberikan penalti untuk Inggris menimbulkan kontroversi karena sebelum Sterling dilanggar bek sayap kiri Denmark Joakim Mahele terdapat bola kedua yang masuk ke lapangan. Akan tetapi wasit Danny Makkelie tidak menghentikan permainan meski Sterling menggiring bola di dekat bola kedua tersebut.

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate pun memberikan tanggapan soal bola kedua yang masuk lapangan dan keputusan penalti kontroversial itu. “Saya melihat bola [kedua] di lapangan jadi saya tidak yakin bagaimana wasit akan menangani. Tapi saya pernah melihat pertandingan di Inggris di mana hal itu pernah terjadi, dan ketika itu gol tidak dianulir,” kata Southgate usai pertandingan dikutip dari ESPN.
“Saya belum benar-benar melihat situasi penalti, tetapi banyak orang bertanya kepada saya pertanyaan yang sama,” kata Southgate menambahkan.

nggris berhasil melaju ke final Euro 2020 usai mengalahkan Denmark 2-1 di babak semifinal yang digelar di Stadion Wembley, London, Kamis (8/7) dini hari WIB. Situasi Raheem Sterling saat dilanggar pemain Denmark Joakim Mahele. Inggris menang 2-1 berkat gol bunuh diri kapten Denmark Simon Kjaer menit ke-30 dan gol Harry Kane pada babak tambahan. Denmark sempat unggul lebih dulu pada menit ke-30 lewat tendangan bebas brilian dari Mikkel Damsgaard.

Gol kedua Inggris yang diciptakan Kane terjadi lewat bola rebound dari penaltinya sendiri yang sempat diblok kiper Denmark Kasper Schmeichel di menit ke-104.