Susunan Aneh Eksekutor Penalti Inggris: Pickford Ketujuh

Susunan eksekutor penalti Inggris di final Euro 2020 (Euro 2021) masih menjadi kontroversi. Kiper Jordan Pickford bahkan disebut disiapkan sebagai penendang ketujuh.  Kekalahan Inggris lewat adu penalti dari Italia di final Euro 2020 masih menyisakan tanda tanya. Hal terbesar adalah keberanian Southgate mengutus Jadon Sancho dan Bukayo Saka yang masih muda sebagai eksekutor keempat dan kelima. Southgate menegaskan bahwa penyusunan eksekutor penalti di final Euro itu merupakan keputusan mutlak dirinya berdasarkan hasil latihan.
Menurut laporan Football 365, Inggris memang sudah menyiapkan skema pemain untuk adu penalti berdasarkan performa di sesi latihan penalti. Menariknya, nama kiper Pickford menyeruak ada di urutan ketujuh dalam daftar penendang andai penalti terus berlanjut. Inggris kalah adu penalti dari Italia. (AP/Frank Augstein) Pickford bahkan disebut sejatinya mengisi slot eksekutor keenam namun kemudian Jack Grealish meminta untuk maju sehingga Pickford ada di urutan ketujuh. Andai Saka bisa mencetak gol dan adu penalti berlanjut, maka urutan berikutnya adalah Grealish, Pickford, dan Kalvin Phillips. Nama Raheem Sterling yang terbilang berpengalaman belum muncul setidaknya hingga kesempatan eksekutor kesembilan.

Inggris kalah 2-3 dalam adu penalti lawan Italia. Hanya Harry Kane dan Harry Maguire yang sukses menunaikan tugasnya sebagai eksekutor penalti. Sementara itu tembakan Marcus Rashford membentur tiang sedangkam tendangan Sancho dan Saka bisa diblok Gianluigi Donnarumma.