Syarat Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Piala Asia 2022

Timnas Indonesia U-23 memiliki sejumlah syarat untuk lolos ke Piala Asia U-23 2022 usai kalah 2-3 dari Australia pada laga pertama Grup G di Tajikistan, Selasa (26/10).
Australia unggul dua gol lebih dulu melalui March Tokich (52′) dan Patrick Wood (58′) sebelum tendangan terukur Witan Sulaeman (68′) mengubah skor jadi 1-2.

Gawang Ernando Ari Sutaryadi kembali jebol pada menit ke-76 lewat aksi individu Jacob Italiano.  Akan tetapi Taufik Hidayat mampu memperkecil kedudukan lewat tembakan jarak dekat di menit ke-84.

Kendati kalah, Indonesia masih punya peluang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 jika mampu meraih kemenangan atas Australia pada pertemuan kedua di Stadion Republican Central, Jumat (29/10).

Hanya akan ada satu tim, atau juara Grup G, yang berhak mengunci tiket ke putaran final Piala Asia U-23 tahun depan karena China dan Brunei Darussalam mengundurkan diri.

Ada dua syarat bagi Indonesia agar melaju ke putaran final turnamen terbesar Asia untuk kelompok umur 23 tahun itu.

1. Indonesia Menang dengan Margin 2 Gol

Skuad arahan Shin Tae Yong harus meraih kemenangan dengan margin dua gol atau lebih (2-0, 3-1, 4-2, dst) karena sebelumnya kalah dengan selisih satu gol.

Karena hanya ada dua tim di dalam satu grup, maka regulasi kandang dan tandang tidak berlaku. Kemenangan di atas satu gol pada leg kedua akan memastikan satu tempat bagi Timnas Indonesia U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23 tahun depan.

2. Indonesia Menang dengan Selisih Satu Gol dan Adu Penalti

Indonesia juga bisa melaju ke putaran final jika berhasil menang dengan selisih satu gol atas Australia pada pertemuan kedua. Dengan catatan, Asnawi Mangkualam dan kolega juga memenangi babak adu penalti.

Misalnya Indonesia berhasil menang 1-0 pada laga kedua hingga waktu normal berakhir, maka pertandingan akan langsung dilanjutkan ke babak tos-tosan karena selisih gol kedua tim imbang.

Perpanjangan waktu 2×15 menit tidak diberlakukan karena hanya ada dua kontestan dalam satu grup. Pertandingan akan ditentukan melalui adu penalti.