Takehiro Tomiyasu, Gagal ke Barcelona Berlabuh di Arsenal

Arsenal resmi merekrut bek asal Jepang Takehiro Tomiyasu dari Bologna di hari terakhir bursa transfer musim panas 2021.
Arsenal memboyong Tomiyasu dengan transfer sebesar 19,8 juta poundsterling (Rp 387,3 miliar) untuk kontrak selama empat tahun hingga 2025.

Tomiyasu masih berusia 22 dan mampu beroperasi sebagai bek tengah dan bek kanan.

Dia mengawali karier di akademi Avispa Fukuoka pada 2009. Pelatihnya kala itu Kanju Tsuji terkesan dengan penampilannya dan meminta Tomiyasu untuk ikut dalam Barcelona Soccer Camp.

Di camp tersebut, pelatih akademi Barcelona juga terkesan dengan permainannya dan menawari Tomiyasu bergabung dengan tim muda Blaugrana.

Tetapi, kepindahan Tomiyasu ke akademi Barcelona akhirnya batal karena memiliki kendala untuk pindah ke Spanyol di usia 11.

Setelah gagal bergabung dengan Barcelona muda, Tomiyasu akhirnya memutuskan membela tim utama Avispa Fukuoka dan menjadi kapten di klub tersebut.

Di klub tersebut, awalnya dia bermain sebagai gelandang, namun beralih ke posisi bek tengah.

Pada 2018, Tomiyasu mulai merantau ke Eropa dengan bergabung bersama tim Divisi Satu Liga Belgia, Sint-Truiden dengan kontrak tiga setengah tahun.

Penampilannya mendapat pujian dari sejumlah media di Belgia, hingga akhirnya membuat Tomiyasu dilirik klub Liga Italia, Bologna.

Tomiyasu bergabung dengan Bologna pada 29 Juni 2019 hingga 2021 dengan mencatatkan 61 penampilan dan tiga gol.

Menjelang musim 2021-2022, Tomiyasu dikaitkan dengan kepindahan ke klub Liga Inggris: Tottenham Hotspur dan klub Liga Italia, Atalanta.

Namun, Tomiyasu akhirnya justru memilih untuk bergabung dengan Arsenal. Pemain berusia 22 ini menjadi rekrutan keenam The Gunners di bursa transfer musim panas 2021.

Tomiyasu bergabung dengan Nuno Tavares, Albert Sambi Lokonga, Ben White, Martin Odegaard dan Aaron Ramsdale sebagai wajah baru di Emirates Stadium musim ini dan bisa melakukan debutnya di kandang melawan Norwich City setelah jeda internasional.

Tomiyasu pun telah berbicara untuk kali pertama sebagai pemain Arsenal. Memanfaatkan jeda internasional, Tomiyasu membuat janji kepada penggemar Arsenal.

“Hai pendukung Arsenal, saya Tomi dari Bologna. Saya sangat senang menjadi bagian dari tim ini,” ucap Tomiyasu dikutip dari Football London.

“Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk berkontribusi pada tim. Saya tak sabar untuk melihat Anda di stadion.”