Tesla Masuk Jurang, Dokter Ini Dituduh Lakukan Percobaan Pembunuhan

TEMPO.COJakarta – Seorang dokter yang menurut polisi sengaja mengemudikan Tesla meluncur dari tebing di California hingga melukai kedua anaknya, istrinya dan dirinya sendiri, akan menghadapi tuduhan percobaan pembunuhan dan pelecehan anak.

Dharmesh Patel, 41 tahun, seorang ahli radiologi dari Pasadena, AS, ditahan setelah diselamatkan dari kendaraan yang hancur di dasar jurang berbatu Devil’s Slide, tebing yang terkenal berbahaya di atas Samudra Pasifik di selatan San Francisco.

Patel keluar dari rumah sakit yang merawatnya, Rabu, 4 Januari 2023.

Patel, istrinya yang berusia 41 tahun, putrinya serta putranya masing-masing berusia 7  dan 4 tahun semuanya selamat dari terjun setinggi hampir 91 meter ke tepi laut, Senin lalu, 2 Januari 2022.

Patel diangkut ke rumah sakit dengan luka serius, kata Patroli Jalan Raya California. Pihak berwenang berencana untuk memasukkannya ke Penjara San Mateo County di Redwood City setelah dibebaskan.

Belum jelas apakah Patel telah menyewa pengacara.

Laporan media setelah kecelakaan, mengatakan Tesla mungkin dalam mode self-driving penuh tetapi polisi mengatakan mode mengemudi tampaknya tidak menjadi faktor penyebab kecelakaan itu.

“Berdasarkan bukti yang dikumpulkan, penyelidik mengembangkan kemungkinan alasan untuk percaya bahwa insiden ini adalah tindakan yang disengaja,” kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Providence Holy Cross Medical Center, rumah sakit Los Angeles tempat Patel bekerja, mengatakan “sangat sedih” mengetahui insiden itu.

“Kami sangat bersyukur tidak ada cedera parah,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Kami tidak akan menanggapi lebih lanjut, karena insiden ini sedang diselidiki.”

Penyelamatan memakan waktu sekitar tiga jam, kata Brian Pottenger, kepala batalion Unit San Mateo-Santa Cruz.

Anak-anak, yang mengalami luka ringan, adalah yang pertama diselamatkan, setelah itu sebuah helikopter mengangkat orang dewasa, yang mengalami luka lebih serius, kata Pottenger.

“Kursi mobil menyelamatkan nyawa kedua anak itu, menurut pendapat kami.”

Petugas penyelamat menanggapi panggilan setelah pukul 10 pagi pada hari Senin dari sebuah mobil di sisi jalan selatan Terowongan Tom Lantos di daerah San Francisco.

Tesla yang dikendarai Patel sedang melaju di bagian utama jalan raya sebelum membelok dari tebing, katanya.

“Selalu ada kecelakaan di daerah itu di mana kendaraan keluar dari jalan raya selama bertahun-tahun,” katanya.